get app
inews
Aa Read Next : Geng Motor Telan Korban di Sukabumi, Seorang Pemuda Terkena Bacok di Kepala

DPRD Sukabumi Sebut Truk Kelebihan Muatan Penyebab Jalan Rusak

Minggu, 22 Mei 2022 | 07:13 WIB
header img
Korban kecelakaan di kawasan Benda, Cicurug akibat tergelincir di jalan nasional Sukabumi-Bogor yang rusak dan bergelombang. Foto: MPI.

 

SUKABUMI, iNews.id — Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, HM Agus Mulyadi menyebutkan truk kelebihan muatan sebagai penyebab jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Sukabumi dengan Bogor di wilayah Benda, Cicurug, bergelombang dan rusak parah. Dampak jalan rusak dan bergelombang, kerap terjadi kecelakaan lalu lintas di kawasan itu.   

"Malam ini terjadi lagi kecelakaan di ruas Cicurug Benda di perbatasan (Sukabumi dengan Bogor) yang tepatnya di RT 01/01, Desa Benda, pas tikungan masjid Al-ikhlas. Salah satu penyebab kecelakaan itu adalah jalan bergelombang," kata HM Agus Mulyadi kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Sabtu (21/5/2022) malam.  

HM Agus Mulyadi menyatakan, telah berkali-kali kami menyampaikan ke berbagai media untuk diviralkan terkait kondisi jalan tersebut yang rusak parah. Tujuannya segera mendapatkan perhatian dan diperbaiki oleh pemerintah. 

"Tetapi sangat menyedihkan, malam ini masih ada korban jiwa manusia yang seharusnya tidak perlu terjadi. Ini harus menjadi perhatian karena kecelakaan disebabkan oleh kelalaian aparatur pemerintah dalam melakukan pengawasan," ujar HM Agus Mulyadi.   

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Sukabumi ini menuturkan, akibat  tonase yang berlebihan membuat jalan menjadi bergelombang dan rusak parah. Seperti truk bermuatan air dan pasir yang hilir mudik di jalan itu.  

"Kami meminta kepada dinas perhubungan segera melakukan penertiban terhadap angkutan yang melebihi kapasitas. Kami DPRD Kabupaten Sukabumi menyadari betul jalan ini jalan nasional. Namun Pemerintah Kabupaten bisa bertindak dengan melakukan pengawasan lebih ketat, khususnya kepada truk pengangkut air minum dan pasir," tuturnya.

Sementara itu selebaran digital yang mengajak warga untuk melakukan aksi serentak menuntut perbaikan jalan, tersebar di sosial media. Aksi tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (22/5/2022) sekira pukul 10.00 WIB pagi. Dalam selebaran tersebut disebutkan nama aksi ini adalah Benda Berduka Benda Menggugat.  

Seorang perempuan, penumpang sepeda motor, tewas kecelakaan tunggal di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, Kampung Benda RT 01/01, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabum, Sabtu 21/5/2022) sekitar pukul 20.30 WIB. Kepala korban membentur aspal saat motor yang ditumpangi terlegelincir saat akan menyalip kendaraan lain di depannya. 

Saat itu, motor yang dikendarai suami korban terjatuh karena jalan yang dilalui bergelombang. Korban meninggal di lokasi kejadian karena luka parah di kepala.  

Aang, saksi di lokasi kejadian, mengatakan, sepeda motor bernopol F 5903 EO yang dikendarai Dede warga Bogor yang membonceng korban, melaju dari arah Sukabumi menuju Bogor.  "Saat tiba di lokasi kejadian, suami korban mencoba menyalip kendaraan di depannya. Namun nahas, karena jalan bergelombang membuat sepeda motor tersebut tergelincir dan jatuh di badan jalan," kata Aang kepada MPI.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut