get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Jawa Barat Takziah ke Rumah Duka Almarhum Solihin GP

Hari Ini, Masyarakat Diimbau Melaksanakan Sholat Gaib untuk Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz

Jum'at, 03 Juni 2022 | 10:07 WIB
header img
Emmeril Kahn Mumtadz dinyatakan meninggal dunia di Sungai Aaree, Kota Bern, Swiss. Foto: Instagram @ataliapr

 

BANDUNG, iNews.id — Keluarga besar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta seluruh masyarakat muslim di Jawa Barat melaksanakan sholat gaib untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril pada hari ini, Jumat (3/6/2022). 

Permintaan sholat gaib itu disampaikan setelah Pemerintah Kota Bern dan MUI Jabar sepakat untuk menyatakan bahwa Eril telah meninggal dunia. 

"Innalillahi wainnailaihi rojiun..   

Setelah masa pencarian keponakan kami Emmeril Khan Mumtadz bin M. Ridwan kamil selama 6 hari Akhirnya pemerintah kota Bern Swiss dan MUI Jawa Barat sepakat untuk menyatakan bahwa keponakan kami kini telah wafat.  

Mewakili keluarga besar, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga Jawa Barat pada khusus nya yang telah memanjatkan doa, serta memberikan dukungan kepada keluarga dan khusus nya kepada kedua orangtua nya yang tak pernah lelah untuk mencari keberadaan Eril di sungai Aare, Bern Swiss.  

Jika berkenan setelah sholat Jumat kami memohon dengan sangat untuk mengadakan sholat ghoib untuk almarhum.  

Hatur nuhun Wassalam" 

Demikian sebuah pesan singkat yang dikirim Willy Kevinda Aditya, paman Emmeril Kahn Mumtadz, yang menyebar melalui Whatsapp. 

Seruan serupa juga telah disampaikan MUI Jabar melalui surat edaran yang ditandatangani Ketua MUI Jabar KH Rachmat Syafei dan Sekretaris Umum (Sekum) MUI Jabar Rafani Achyar. 

Dalam surat edaran itu, umat Islam se-Jawa Barat diimbau berkenan menggelar sholat gaib, baik sebelum maupun setelah sholat Jumat. 

"Sholat gaib bisa dilaksanakan sebelum atau ba'da sholat Jumat," kata KH Rachmat Syafei.  

KH Rachmat Syafei mengatakan, berdasarkan informasi dari pihak keluarga Ridwan Kamil yang disampaikan dalam pertemuan pada Kamis 2 Juni 2012 pukul 1900-19.30 WI6 di Kantor MUI Jawa Barat, diperoleh penjelasan. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta istri Atalia Praratya telah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Kahn Mumtadz meninggal dunia karena tenggelam.  

KBRI di Swiss memyampaikan bahwa pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian ananda tercinta Emmeril Kahn Mumtadz, dari yang tadinya berstatus mencari orang yang hilang (missing person) menjadi status mencari orang yang tenggelam (drowned person). Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia.  

"Dengan memerhatikan keterangan dan penjelasan dari pihak keluarga sebagaimana dijelaskan di atas, maka dengan memperhatikan ketentuan syara”, jenazah harus segera disholatkan. Karena jenazah tidak/belum ditemukan maka shalat jenazah dilakukan dengan cara sholat gaib," ujar Ketua MUI Jabar. 
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut