Unpad Gandeng Desa Wisata Hanjeli dalam Summer Program

Eka L Prasetya
.
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 12:00 WIB

 

SUKABUMI, iNews.id —Universitas Padjajaran (Unpad) Fakultas Geologi bekerja sama dengan Yayasan Rumah Hanjeli Indonesia menyelenggarakan Summer Program yang diikuti sejumlah mahasiswa dari berbagai negara seperti China, Jepang, dan Malaysia. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Wisata Hanjeli, Kamis (4/8/2022). 

Dilansir laman Pemkab Sukabumi, Summer Program tersebut diselenggarakan secara hybrid. Sebanyak 100 mahasiswa mengikuti secara daring (online), sedangkan 15 mahasiswa lainnya mengikuti secara langsung (offline) di lokasi. Kegiatan diawali dengan Live Zoom Meeting Bersama Guru Besar Pertanian Unpad Prof Tati Numala.

Menurut Abah Asep, Founder Yayasan Rumah Hanjeli Indonesia, setelah live melalui Zoom para mahasiswa diajak menikmati bubur Hanjeli sebagai hidangan pembuka, lalu belajar panen, menumbuk Hanjeli dan menampi Hanjeli.

"Kami kenalkan juga berbagai olahan berbahan dasar Hanjeli sebagai makanan lokal, yang layak untuk dilestarikan, bukan karena kaya citarasa tapi juga mengandung nilai sejarah peradaban manusia dari masa ke masa," terang Abah Asep.

Acara dilanjutkan dengan meningkatkan pengetahuan tentang Hanjeli, dari mulai sejarah, olahan produk hingga Edukasinya.

"Setelah itu kami menuju ke rumah baca Sauyunan dan ke rumah aksesoris Hanjeli, untuk belajar membuat kerajinan seperti gelang, kalung dan tali masker, dilanjut dengan menikmati hidangan ikonik yakni nasi liwet Hanjeli," pungkas Abah Asep.

Editor : Eka L. Prasetya
Bagikan Artikel Ini