Koleksi Koin Kuno di Indonesia, Harganya Capai Ratusan Juta per Keping

Septi Kurnia
Salah satu uang koin yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Foto/Dok.

JAKARTA, iNews.id —Koin kuno merupakan salah satu barang antik yang sering dikoleksi bahkan menjadi buruan kolektor. Koin-koin ini sudah tidak dapat digunakan untuk transaksi jual beli. Namun bagi sebagian orang, koin uang kuno memiliki daya tarik tersendiri. 

Walaupun kolektor uang kuno tidak begitu populer dibandingkan kolektor prangko, mereka tetap bersedia membeli koin kuno dengan harga mencapai ratusan juta. Dilansir dari laman DJKN Kementerian Keuangan (Kemenkeu), orang mengoleksi uang kuno, baik dalam bentuk koin maupun kertas disebut dengan numismatis

Para numismatis memiliki tujuan dalam mengoleksi uang kuno untuk mempelajari sejarah politik, cara pembuatannya, ciri-ciri pemalsuan, sampai investasi. Mereka menjadikan koleksi uang kuno, baik koin maupun kertas sebagai hobi yang menyenangkan karena kagum akan desainnya, nostalgia masa lalu, hingga cerita di balik uang tersebut. 

Uang kertas dan koin kuno memiliki harga yang dipengaruhi oleh dua hal, yakni tingkat kelangkaan dan kondisi uang. Semakin langka uang tersebut, maka harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Begitu pula bila kondisi fisik uang tersebut semakin bagus, maka semakin mahal juga harganya. Bagi para numismatis, kegagalan cetak pada uang juga merupakan hal yang menarik untuk dikoleksi. 

Editor : Eka L. Prasetya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network