KSAD Dudung akan Pensiun, 3 Jenderal Berpotensi Jadi Pengganti, Ada Mantan Perisai Hidup Jokowi

Riana Rizkia/Rivo
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman segera pensiun. Foto dispenad.

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan mencapai masa pensiun dalam empat bulan mendatang, yaitu pada tanggal 19 November 2023. Saat ini, terdapat tiga jenderal yang berpotensi untuk menjadi KSAD selanjutnya.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE), Anton Aliabbas, yang juga merupakan seorang pengamat militer, berpendapat bahwa secara normatif, semua perwira tinggi bintang tiga memiliki kesempatan untuk ditunjuk sebagai KSAD mendatang.

"Meskipun begitu, sepertinya Jokowi akan tetap mengikuti kriteria untuk memilih seseorang yang pernah bekerja dengannya sebelum menjabat posisi strategis," ungkap Anton pada hari Selasa, tanggal 25 Juli 2023.

Anton menyatakan bahwa terdapat tiga kandidat perwira tinggi bintang tiga yang kuat sebagai calon pengganti Jenderal Dudung dalam jabatan KSAD.

"Dalam daftar para perwira tinggi bintang tiga, setidaknya ada tiga kandidat yang memiliki peluang besar. Mereka adalah Kepala BNPB Letjen Suharyanto (Akmil 1989), Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak (Akmil 1992), dan Wakasad Letjen Agus Subiyanto (Akmil 1991)," jelasnya.

Dia juga menjelaskan latar belakang masing-masing kandidat tersebut. "Suharyanto adalah mantan Sesmilpres, Maruli pernah menjabat sebagai Danpaspampres, dan Agus pernah menjabat sebagai Dan Grup A Paspampres serta Dandim 0735/Surakarta ketika Jokowi menjadi Wali Kota Solo," tambahnya.

Menurut Anton, ketiga kandidat tersebut memiliki kualifikasi dan rekam jejak penugasan yang relatif seimbang. Namun, keputusan Jokowi sebagai faktor subjektif akan memiliki pengaruh yang lebih kuat dalam penunjukan sosok KSAD berikutnya.

Editor : Sazili Mustofa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network