20 Gunung di Jawa Barat, Nomor 5 Sudah 4 Kali Meletus Tewaskan 3 Ribu Orang

Hilda Yanti/Mg2
Gunung di Jawa Barat, gunung Papandayan pernah meletus 4 kali tewaskan 3 ribuan orang. Foto: itimews

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Gunung di Jawa Barat terkenal dengan pegunungannya yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta pendaki gunung. Meski begitu, beberapa gunung api ini ternyata pernah mengalami letusan dahsyat yang menewaskan 3 ribu hingga 4 ribu orang.

Beberapa gunung paling terkenal di Jawa Barat yang wajib dikunjungi oleh para pendaki, jalur pendaki pun beragam mulai dari yang sedang hingga sulit. 

Selain itu juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata  bagi siapa saja yang ingin merasakan keindahan alam dan hawa yang sejuk serta segar.

Berikut 20 Gunung di Jawa Barat : 

1. Gunung Ciremai


Gunung Ciremai yang jadi favorit para pendaki. Foto: Sindo
Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Ciremai? Gunung Ciremai ini sangat cantik dan Gunung tertinggi di Jawa Barat. Ciremai merupakan gunung yang aktif yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Gunung Ciremai ini mencapai ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Letusan Gunung Ciremai terakhir kali pada tahun 1937. Memiliki jalur pendaki yang resmi yaitu Palutungan, Apuy, Linggarjati, Linggasana dan Sadarehe. 

2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango yaitu gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Puncak Gunung Pangrango setinggi 3.019 mdpl. lokasinya berada dalam wilayah Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. 

3. Gunung Gede


Gunung Gede (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Gunung Gede merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Barat. Gunung Gede ini berapi dan aktif terletak di wilayah Kabupaten Cianjur. Gunung Gede memiliki ketinggian  2.958 mdpl.

4. Gunung Cikuray 

Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. dan menjadi gunung tertinggi keempat di Jawa Barat dengan ketinggian 2.821 mdpl. Gunung Cikuray bukan merupakan gunung berapi dan memiliki beberapa jalur pendakian diantaranya yaitu jalur Pemancar, Kiara Janggot, Tapak Geurot, Bayongbong dan Kebonsatu.

5. Gunung Papandayan


Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat (Foto: Indonesia-Tourism/Okezone).

Gunung Papandayan terletak di kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Salah satu Gunung di Jawa Barat ini Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl.

Gunung Papandayan sangat cocok untuk pendaki pemula. Kenapa bisa dibilang cocok untuk pendaki pemula? karena pendaki minimal tapi view maximal. Jalur sudah tidak terlalu ekstrem sudah jalur ramah dan tertata. 

Meski begitu, Gunung Papandayan sempat mengalami beberapa kali letusan, yakni pada 12 Augustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, dan 11 November 2002.

Letusan paling besar terjadi pada tahun 1772, yang menewaskan hampir 3 ribu orang dan menghancurkan 40 desa. Sementara itu, daerah yang tertutup longsoran mencapai 10 km dengan lebar 5 km.

6. Gunung Guntur

Gunung Guntur memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Gunung Guntur sendiri berada di Kabupaten garut. Gunung Guntur memiliki kawah yang disebut Kawah Guntur dan Kawah Japati. 

7. Gunung Patuha

Gunung Patuha yaitu gunung berapi ini berada di wilayah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gunung Patuha sendiri memiliki ketinggian 2.436 mdpl.

8. Gunung Malabar

Gunung Malabar sendiri sudah tidak aktif lagi dan Gunung Malabar yang memiliki ketinggian 2.321 mdpl. Gunung Malabar berwilayah di kabupaten Bandung, Jawa Barat.

9. Gunung Salak


Gunung Salak. Foto : iNewsBogor.id/ist.

Gunung Salak merupakan gunung berapi yang terletak tidak jauh dari Jakarta Selatan. Gunung Salak di kawasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Salak sendiri memiliki ketinggian mencapai 2.211 mdpl.

10. Gunung Telaga Bodas

Gunung Telaga Bodas ini statusnya sudah tidak aktif dan berada di wilayah kabupaten garut yang memiliki ketinggian 2.201 mdpl dan Gunung Telaga masuk ke dalam daftar 20 gunung tertinggi di Jawa Barat.

11. Gunung Kencana

Gunung Kencana salah satu gunung yang ada di Jawa Barat serta Gunung Kencana sudah tidak aktif. Gunung Kencana memiliki ketinggian hanya 2.000 mdpl. Gunung Kencana juga bisa menjadi lokasi yang digemari banyak pendaki dan bisa untuk berlibur bersama keluarga.

12. Gunung Burangrang

Gunung Burangrang sendiri gunung api yang mati. Gunung Burangrang berada di wilayah kabupaten bandung, Jawa Barat. Gunung Burangrang memiliki ketinggian 2.050 mdpl.

13. Gunung Wayang

Gunung Wayang yaitu gunung yang statusnya aktif, yang wilayahnya berada di Kabupaten Bandung Jawa Barat. Gunung Wayang memiliki ketinggian 2.181 mdpl.

14. Gunung Tangkuban Perahu


Kunjungan ke TWA Tangkuban Perahu meningkat di libur lebaran 2023. Foto: Instagram/@twa_tangkubanparahu

Gunung Tangkuban Perahu statusnya masih aktif, dan terletak di wilayah salah satu gunung di Lembang. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian sekitar 2.084 mdpl. Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu objek wisata favorit di Jawa Barat.

15. Gunung Bukit Tunggul

Gunung Bukit Tunggul ini statusnya sudah tidak aktif dan ia memiliki ketinggian 2.203 mdpl. Gunung Bukit Tunggul masuk wilayah di wilayah kabupaten bandung, jawa barat.

16. Gunung Galunggung


Gunung Galunggung. Foto: Instagram/galunggung_official

Gunung Galunggung sendiri statusnya masih aktif dan berwilayah di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Gunung Galunggung memiliki ketinggian mencapai 2.168 mdpl. 

Sejarah mencatat bahwa Gunung Galunggung pernah meletus pada tahun 1822 dengan tanda awal berupa air Cikunir yang menjadi keruh dan berlumpur. Air keruh tersebut memiliki suhu panas, dan terkadang muncul kolom asap dari dalam kawah.

Kemudian, pada tanggal 8 hingga 12 Oktober, terjadi letusan yang mengakibatkan hujan pasir panas yang sangat marah, awan panas, lahar, dan abu halus. Aliran lahar tersebut bergerak ke arah tenggara mengikuti aliran sungai.

Letusan ini mengakibatkan kematian sekitar 4.011 orang dan menghancurkan 114 desa. Dampak kerusakan letusan ini meluas ke arah timur dan selatan hingga sejauh 40 km dari puncak gunung.

17. Gunung Windu

Gunung Windu statusnya masih aktif dan berwilayah di Kabupaten Bandung. Gunung Windu sendiri memiliki ketinggian mencapai 2.054 mpdl.

18. Gunung Manglayang

Gunung Manglayang statusnya sudah tidak aktif, dan terletak di wilayah kabupaten dan sumedang. Gunung Manglayang memiliki ketinggian 1.818 mdpl. Gunung Manglayang pemandanganya indah.

19. Gunung Cakrabuana

Gunung Cakrabuana sendiri berada di wilayah Kabupaten Garut dan memiliki ketinggian 1.721 mdpl.

20. Gunung Halimun

Gunung Halimun statusnya sudah tidak aktif dan memiliki ketinggian sekitar 1.929 mdpl. Gunung Halimun berada di Kabupaten bogor.

Itu dia 20 Gunung di Jawa Barat, bagaimana kalian yang suka mendaki gunung sudah pergi kemana aja nih?

 

Editor : Hikmatul Uyun

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network