10 Tempat Wisata di Pelabuhan Ratu Sukabumi, Nomor 1 Terkenal Mistis karena Sosok Wanita Cantik

Apriliyanti Kartini/Mg1
10 tempat wisata di Pelabuhan Ratu Sukabumi, nomor 1 terkenal mistis gara-gara sosok wanita cantik. Foto: kolase

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Tempat wisata di Pelabuhan Ratu selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Pelabuhan Ratu terletak di Sukabumi, tempat yang memilikinpemandangan yang indah dan eksotis.
Selain tempatnya yang indah, Pelabuhan Ratu juga dikelilingi oleh mistis yang menjadikannya punya cerita tersendiri. Banyak sekali tempat wisata yang dapat kalian kunjungi, selain itu kalian bisa menemukan tempat bersejarah.

Tempat wisata di Pelabuhan Ratu:

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan salah satu tempat wisata di Pelabuhan Ratu yang terletak di pesisir Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya sekitar 60 kilometer sebelah selatan dari kota Sukabumi.

Pantai ini terkenal memiliki ombak yang sangat kencang sehingga sangat berbahaya bagi para wisatawan yang ingin berenang. Medannya merupakan kombinasi antara pantai curam, tebing terjal, deburan ombak, dan hutan cagar alam.

Selain ombaknya yg berbahaya, Pantai Pelabuhan Ratu juga diliputi oleh mistis yang masih dipercayai hingga sekarang. Masyarakat pesisir selatan, khususnya Palabuhanratu, mempercayai keberadaan wanita cantik si penguasa laut selatan, yakni Nyi Roro Kidul alias Ratu Pantai Selatan. Bisa dibilang dia adalah ratu yang cantik bagaikan bidadari.

Di Laut Selatan – nama lain Samudera Hindia – di selatan Pulau Jawa, ia memerintah kerajaan roh yang luas dan indah. Maka dari itu, ada larangan jangan memakai baju hijau. Menurut mitos, jika wisatawan akai baju hijau ke Pantai Pelabuhan Ratu, ia akan diseret oleh Nyi Roro Kidul dan tidak akan pernah kembali.

Meski lekat dengan mistis, Presiden Soekarno justru mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tenjo Official. Selain itu atas inisiatif Soekarno juga didirikan hotel Samudera Beach, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia berkat perbaikan dari Jepang.

Meski begitu, Pantai Pelabuhan Ratu memiliki fasilitas yang lengkap, selain tempat penginapan terdapat juga mushola, toilet, masjid, area parkir, pelayanan pos, taman bersantai, taman bermain anak, dan Tim penjaga atau penyelamat (SAR).

2. Pemandian Air Panas Cisolok


Pemandian air panas Cisolok. Foto: Line

Pemandian Air Panas Cisolok terletak di Cikahuripan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Pemandian air panas ini unik karena letaknya berada di daerah pantai dan air mancurnya yang tidak mengandung belerang.

Pemandian air panas Cisolok memiliki fasilitas seperti area parkir, toilet, dan mushola yang cukup memadai, dan uniknya di pemandian ini ada penjual telur, yang dimana nanti telurnya dapat pengunjung masak sendiri ke sungai cipanas.

3. Waterpark Pelabuhan Ratu

Waterpark ini berlokasi di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Dengan luas yang sebesar 1,7 hektar ini menawarkan berbagai
wahana permainan air.

Harga tiketnya mulai dari Rp 20.000 per orang. Fasilitas lain yang khusus untuk wisatawan antara lain perosotan keluarga, akses jalan, kolam olahraga besar dan kecil, kolam arus, ubin menara dan masih banyak lagi.

Di antara wahana yang ditawarkan oleh Citepus Pelabuhan Ratu Water Park, yang paling digandrungi wisatawan adalah Tower Slice, yaitu permainan yang menantang bagi wisatawan.

Apalagi tersedia juga fotografer yang siap memotret dan merekam aktivitas Anda selama menginap di sana. Selain mengambil foto, hasil jepretan fotografer bisa langsung dicetak.

4. Pantai Citepus


Pantai Citepus (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

Pantai Citepus adalah salah satu pantai yang terkenal dan strategis. Fasilitasnya cukup lengkap, tersedia akomodasi, sehingga jika ingin bermalam dengan latar pemandangan pantai bisa menyewa kamar.

Harga yang ditawarkan relatif murah dengan harga berkisar Rp200.000. Toilet dan ruang ganti juga disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat juga musala di sekitar pantai dimana umat Islam dapat terus melaksanakan salat.

Tempat parkir yang luas dan aman akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga tidak merasa khawatir dengan kendaraan pribadinya.

5. Curug Cikaso


Curug Cikaso. (Foto: Instagram @danimuse1993)

Curug Cikaso memang mempesona dan salah satu tempat wisata di Pelabuhan Ratu yang menjadi andalan wisatawan, terletak di selatan Kabupaten Sukabumi.

Awalnya curug atau air terjun ini bernama Curug Luhur, namun karena airnya berasal dari anak sungai Cikaso, akhirnya dinamakan Curug Cikaso. Curug Cikaso beralamat di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Curug ini memiliki fasilitas yang cukup seperti area parkir, warung makan sederhana, penyewaan perahu, tempat duduk.

6. Pantai Cimaja

Pantai cimaja ini berlokasi tersembunyi, jaraknya sekitar 10 km dari Pelabuhan Ratu. Pantai yang cenderung sepi dan bersih, karena mayoritas pengunjungnya adalah orang yang ingin berselancar air.

7. Pantai Cibangbang

Pantai Cibangban berjarak sekitar 10 km dari pantai Pelabuhan Ratu sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit. Letaknya yang berada di sepanjang jalan utama yang berpagar membuat pantai ini mudah dijangkau.

Kondisi jalan juga bagus sehingga perjalanan lancar dan tidak terganggu. Pantai ini terdapat hotel dan villa, ombak di pantai ini tidak seganas di pantai Pelabuhan Ratu.

Pengunjung pantai ini dapat bersantai sekaligus menikmati semilir angin sepoi-sepoi. Di sepanjang pantai terdapat bebatuan yang menonjolkan pemandangan sejuk khas pantai selatan.

8. Pulau Kunti


Pulau Kunti Sukabumi. (Foto: Instagram @ekosept14n)
Namanya memang menyeramkan tapi tidak dengan pemandangannya. Pemandangannya yang indah dan unik ini menjadi daya tariknya, pasalnya pulau ini terbentuk karena dataran bekas lava gunung api di masa lalu.

Di pulau ini masih terdapat habitat yang sudah mulai langka seperti elang jawa dan rusa.

9. Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang ini merupakan salah satu tempat wisata di Pelabuhan Ratu yang ramai peminatnya. Di pantai ini kalian di suguhkan tempat pelelangan ikan dan tempat jajanan tradisional khas Sukabumi.

Pantai ini tiket masuknya bisa dibilang terjangkau dan mendapatkan fasilitas yang cukup. Pengunjung juga dapat merasakan naik wahana banana boat dengan suasana pantai yang tenang dengan tarif yang sangat murah.

10. Bukit Durian Sagara

Bukit Durian Sagara adalah salah satu tempat wisata yang sangat indah. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam serta kuliner durian. Lokasinya berada di atas bukit yang membuat pengunjung dapat melihat keindahan bukit dan pantai.

Tempat yang belakangan ini viral di media sosial. Harga tiket masuknya yang terjangkau dan pemandangannya tidak akan membuat kecewa para pengunjung ini menjadi salah satu daya tariknya.

Nah, itu dia tempat wisata di Pelabuhan Ratu yang bikin kalian akan terpukau akan keindahannya. Bagaimana kalian tertarik untuk mengunjunginya?

Editor : Hikmatul Uyun

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network