Profil dan Biodata Marc Marquez, Pembalap Muda 8 Kali Juara Dunia MotoGP Kini Berpisah dengan Honda

Hilda Yanti/Mg2
Profil dan biodata Marc Marquez . (Foto: Reuters)

Perjalanan Karir Marc Marquez

Marc Marquez pertama kali meraih kemenangan pada  13 April 2008 di kategori 125cc, di GP Portugal 2008, dalam usia 15 tahun 56 hari. Ia menjadi pembalap Spanyol termuda  yang meraih pole dan podium di kejuaraan MotoGP.

Pada tahun 2009 Marc Marquez merupakan pembalap pabrikan KTM dan pada tahun yang sama di GP Perancis tahun 2009, Marc memperoleh posisi pole pertamanya pada saat usia 16 tahun.

Pada Gp di italia pada 6 Juni 2010,  marc selanjutnya kemenangan beruntun di GP Inggris, GP Belanda dan GP Catalan semua di musim 2010. Dengan kemenangan beruntun tersebut, Marc Marquez sebagai pembalap termuda yang meraih kemenangan.

Setelah meraih kemenangan pertamanya di kelas Moto2 di GP Perancis tahun 2011, di kandangnya sendiri pada GP Catalunya tahun 2011, marc hanya mampu finis kedua di belakang Stefan Bradl. Baru pada musim 2012 Marc Marquez bisa mendominasi balapan dan menjadi juara dunia musim 2012 dikelas Moto2.

Marc Marquez telah memenangkan enam gelar juara dunia MotoGP bersama Honda. Marquez bahkan langsung menjadi juara dunia MotoGP setelah baru naik kelas ke MotoGP pada 2013.

Setelah itu, Marc Marquez mendominasi MotoGP dengan meraih titel juara dunia pada tahun 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Prestasi-prestasi ini diperoleh Marc Marquez sebelum usia 30 tahun.Maka dari itu,tak heran ia dijuluki the Baby Alien.

Namun kehebatan Marc Marquez mulai buyar saat ia mengalami kecelakaan fatal di awal MotoGP 2020.

Marc Marquez harus menjalani sejumlah operasi pada tulang humerus kanan. Ia pun terpaksa melewatkan seluruh balapan MotoGP pada tahun 2020 karena mengalami patah pada lengan kanan yang dialaminya pada tahun tersebut.

Nah, itu dia Profil dan Biodata Marc Marquez, pembalap muda yang sudah 8 kali juara MotoGP dan kini harus berspisah dengan Honda. Semoga tetap makin berprestasi ya.

 

Editor : Hikmatul Uyun

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network