Gempa Garut Magnitudo 5,6 Terasa hingga Sukabumi, Warga Panik Berlarian

Kastolani Marzuki
ilustrasi gempa bumi. Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNews.id – BMKG telah mengumumkan bahwa pada Kamis malam (19/10/2023), telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berita ini tidak menyiratkan adanya potensi tsunami.

Namun demikian, BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap kemungkinan adanya gempa bumi susulan. 

Dalam pernyataannya, BMKG mencatat bahwa 12 daerah telah merasakan getaran gempa dengan skala II-III MMI. Daerah-daerah tersebut antara lain Pelabuhan Ratu, Cianjur, Sukabumi, Cilacap, Garut, Pangandaran, Cikelet, Lembang, Bandung, Parompong, Bogor, dan Cireunghas. Guncangan gempa yang cukup kuat ini sempat membuat warga setempat merasa panik.

Hingga saat ini, belum ada laporan resmi yang menyebutkan adanya kerusakan atau dampak serius yang diakibatkan oleh gempa ini. BMKG tetap aktif memantau situasi gempa dan siap memberikan peringatan dini jika diperlukan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini terjadi sekitar pukul 21.08 WIB dan berpusat di laut, 114 km Barat Daya Garut, dengan kedalaman 18 kilometer. 

Magnitudo gempa ini mencapai 5,6. BMKG terus memberikan informasi terkait perkembangan gempa ini melalui akun resmi mereka, @infoBMKG.

Editor : Sazili Mustofa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network