Profil dan Biodata Deontay Wilder, Raja KO Kelas Berat WBC yang di-TKO Petinju China

SM Said/net_Sukabumi
Deontay Wilder petinju kelas berat berjuluk The Bronze Bomber kalah TKO di tangan raksasa China Zhilei Zhang di ronde ke lima dari 12 ronde. Foto Tangkapan Layar Youtube AfroD TV

RIYADH, iNewsSukabumi.id- Deontay Wilder petinju kelas berat berjuluk The Bronze Bomber kalah TKO di tangan raksasa China Zhilei Zhang di ronde ke lima dari 12 ronde di Kingdom Arena Riyadh, Arab Saudi, Minggu (2/6/2024). Kekalahan TKO ini memperpanjang catatan buruk Wilder yang awalnya adalah raja KO yang ditakuti di kelas berat karena rekor sempurna 41 kemenangan dengan 40 KO/TKO dan 1 hasil imbang hingga 2020.

Duel itu merupakan partai utama Queensberry vs Matchroom (5 vs 5) yang menandai rivalitas dua promotor tinju kondang, Frank Warren dan Eddie Hearn.


Dikutif dari SINDOnews, Wilder memulai kariernya sebagai petinju amatir pada Oktober 2005. Dia bergabung dengan "Skyy Boxing Gym" di Northport, Alabama dan berkembang di bawah bimbingan pelatih Jay Deas.

Pada tahun 2007, namanya mulai dikenal setelah mengalahkan juara dunia Isiah Thomas. Dunia tinju semakin terkesan ketika Wilder mencatatkan skor karier terbaiknya dengan mengalahkan Rakhim Chakhiyev pada tahun 2008.

Di Olimpiade Beijing 2008, Wilder meraih medali perunggu untuk Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, dia memulai karier profesionalnya dan debutnya dilakukan di Vanderbilt University Memorial Gymnasium di Tennessee.

Pada tahun 2012, Deontay Wilder memenangkan gelar tinju profesional pertamanya setelah mengalahkan Kelvin Price di Memorial Sports Arena di Los Angeles. Pada 17 Januari 2015, ia bertarung melawan juara bertahan, Bermane Stiverne.

Pertarungan tersebut diadakan di "MGM Grand Garden Arena" di Las Vegas. Deontay Wilder kemudian memenangkan gelar kelas berat WBC setelah mengalahkan Stiverne.

Deontay kemudian menjadi rival Tyson Fury, petinju profesional Inggris, dan terlibat dalam pertarungan di Staples Center Los Angeles hingga bertarung hingga jilid ketiga.

Profil dan Biodata Deontay Wilder

Petinju profesional ini lahir pada 22 Oktober 1985 di Tuscaloosa, Alabama, Amerika Serikat. Oleh karena itu, usia Deontay Wilder adalah 36 tahun pada 2022. Nama ayahnya adalah Gary Wilder dan ibunya adalah Deborah Wilder.

Selanjutnya, dia bersekolah di Tuscaloosa Central High School dan lulus pada 2004. Kemudian, Deontay melanjutkan pendidikan di Shelton State Community College. Petinju ini berasal dari etnis Afro-Amerika.

Selama masa sekolahnya, Wilder bercita-cita menjadi pemain bola basket karena tinggi badannya yang mengesankan, yaitu 6 kaki 6 inci (201 sentimeter).
 
Selama di sekolah menengah, Wilder menjalin hubungan dengan pacarnya, Helen. Ketika dia berusia 19 tahun, pasangannya melahirkan putri mereka, Naieya Wilder. Namun, putrinya lahir dengan spina bifida.

Belakangan, Naieya menjalani berbagai operasi dan kini sudah benar-benar sehat. Selanjutnya, pasangan ini kemudian berpisah karena beberapa alasan pribadi. Deontay kemudian menikahi Jessica Scales-Wilder pada tahun 2009.

Jessica melahirkan tiga anak mereka. Pertama, mereka menyambut anak perempuan mereka, kemudian dua putra, Deontay Jr. dan Dereon Wilder. Namun, pernikahan mereka berakhir dengan perceraian.

Saat ini, Deontay bertunangan dengan Telli Swift (model Amerika dan kepribadian TV). Mereka memulai hubungan pada tahun 2017. Pasangan ini menyambut anak pertama mereka, Kaorii Lee Wilder, pada Maret 2018.

Nama Lengkap: Deontay Leshun Wilder
Julukan: The Bronze Bomber
Kelahiran: Alabama, 22 Oktober 1985
Kebangsaan: Amerika
Etnisitas: Afro-Amerika
Agama: -
Tempat Tinggal Saat Ini: Alabama, Amerika Serikat
Penghargaan: KO Knockout Champions Premier Boxing of the Year
Terkenal untuk: Memegang gelar kelas berat World Boxing Council (WBC) pada 2015.

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network