SMURP Sayangkan Banyak Pihak di Indonesia Masih Terima Kerjasama Produk Afiliasi Israel

Ricky Susan
Aksi aliansi mahasiswa di Jakarta, Foto : istimewa

JAKARTA, iNewsSukabumi.id – Tindakan keji pembumihangusan zionis Israel atas Rafah Palestina telah memicu kecaman dan aksi solidaritas warga dunia. Termasuk boikot produk terafiliasi Israel yang disuarakan banyak pihak.

Namun sejumlah aktivis yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Untuk Rakyat Palestina (SMURP) menyayangkan sikap banyak kalangan di Indonesia termasuk didalamnya selebritis,  influencer yang hingga kini masih membuka diri bekerjasama mengendorse produk terafiliasi Israel. Seolah menutup mata terhadap tragedi kemanusiaan di Rafah akibat ulah keji Zionis Israel.

Bahkan SMURP menyoroti pemerintah yang masih menerima kerjasama dengan produk zionis.  SMURP menyebut Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang terang terangan menggunakan produk air mineral terkenal sebagai official mineral water timnas Indonesia. Juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf)  berkolaborasi dengan produk air mineral yang sama dalam program Wonderful Indonesia yang digelar dibLabuan Bajo, 29 Mei 2024 lalu.

Akibatnya, Netizen Indonesia sontak bereaksi keras dan geram. Dalam sekejap ribuan komentar membanjiri postingan di akun Instagram resmi Pesona Indonesia.
"Rakyat udah sibuk boikot.. eh kementerian malah kerjasama. Capek banged," geram @sakinahazzam.

"Oh sorry udah ga minum brand ini lagi. Masih buuuuanyaaaaakkkk brand lokal yg ga kalah oke dari brand ini kualitas air minumnya. Saatnya brand2 lokal yang untuk sehari-hari. FREE PALESTINE." tulis @dr.herlin.ramadhanti

"Jangan percaya claim D*no*e Aqua dukung Palestina karena berdonasi. Ingat hanya sedikit yang mereka donasikan, sisanya untuk membeli pernah Isriwiil." komen @angga.brde.

Protes keras dari banyak pihak di Indonesia menggerakan sejumlah aktivis SMURP menggemakan aksi boikot produk terafiliasi Israel. Para aktivis membentangkan dan membagikan poster yang berisi nama-nama produk terafiliasi Israel yang wajib diboikot umat muslim Indonesia pada kegiatan Karnaval Sehat yang digelar salah satu produk air mineral di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (2/6/2024) lalu. Acara tersebut menghadirkan para selebritis ternama, bahkan terdapat artis berhijab yang sempat menyoroti kekejaman Israel terhadap Palestina.

“Free-Free Palestine. Boikot produk terafiliasi Israel,” teriak aktivis SMURP, Andrian Rizky dalam orasinya sambil membagikan poster daftar produk terafiliasi Israel.

“Kami melakukan aksi di sini karena D*no*e Aqua ini juga menjadi salah satu produk terafiliasi Israel. Kami ingin memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat secara langsung untuk menghindari penggunaan produk produk terafiliasi Israel,” ujarnya.

Salah satu produk susu yang terafiliasi Israel yang menggandeng Nicholas Saputra sebagai brand ambassador  juga jadi sasaran boikot masyarakat membuat gaduh di media sosial. Alhasil, banyak netizen kecewa dengan sikap aktor pemeran film Ada Apa Dengan Cinta, ini.

SMURP mengapresiasi masyarakat Indonesia yang konsisten menyuarakan boikot produk terafiliasi Israel sebagai tekanan guna memperlemah perekonomian para pendukung genosida.

"Seharusnya pemerintah, tokoh agama, artis, influencer & berbagai element masyarakat dapat menjadi public figure yang bisa jadi teladan masyarakat. Kita perlu sejalan untuk menghindari produk terafiliasi dan mengutamakan  produk lokal." tegas Adrian.

Tak hanya di Indonesia, aksi boikot produk Israel sampai negara pendukungnya masih berlangsung hingga kini. Agensi besar industri hallyu hingga Idol pun menjadi sasaran boikot lantaran diduga terlibat mempromosikan produk yang berkaitan dengan Israel.

Paling baru, NCT, grup boyband besutan SM Entertainment bikin fans meradang. Pasalnya, usai konser meriahnya di Indonesia, akun official Starbuck memposting kolaborasi dengan NCT.

Editor : Ricky Susan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network