Satuan Khusus TNI Duduki Distrik Bibida yang Dikuasai OPM usai Buru Pembakar-Pembunuh Warga Paniai

Nathan Making
Satuan Khusus TNI yang memburu Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya pelaku pembunuh dan pembakar Rusli warga Paniai Timur berhasil menguasai Distrik Bibida. Foto Pen Kogabwilhan III

PANIAI, iNewsSukabumi.id - Satuan satuan Khusus TNI yang memburu Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya pelaku pembunuh dan pembakar Rusli warga Paniai Timur berhasil menguasai Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah pada Jumat (14/6/2024). Dimana Distrik Bibida selama ini dikuasai kelompok TPNPB OPM atau KKB Papua.  


Satuan Khusus TNI yang memburu Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya pelaku pembunuh dan pembakar Rusli warga Paniai Timur berhasil menguasai Distrik Bibida. Foto Pen Kogabwilhan III

Sebelumnya sempat terjadi kontak senjata saat proses evakuasi jenazah Almarhum Rusli tengah berlangsung. Kelompok OPM berhasil dipukul mundur dan melarikan diri ke arah Distrik Bibida. 

Selesai proses evakuasi berhasil dilakukan, Satuan khusus TNI di bawah jajaran Kogabwilhan III melanjutkan pengejaran terhadap Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya sebagai pelaku penembakan dan pembakaran ke Distrik Bibida.
  
Panglima Kogabwilhan III Letjen TNI Richard TH Tampubolon mengatakan, keberhasilan perebutan wilayah Bibida, juga diikuti dengan keberhasilan para Prajurit TNI dalam menemukan beberapa amunisi dan alat perlengkapan senjata jenis senapan milik OPM. 

Hasil tersebut ditemukan oleh Prajurit TNI di sebuah tempat di tengah-tengah wilayah Distrik Bibida, dan disinyalir tertinggal akibat dari Kelompok OPM yang melarikan diri dari pengejaran para Prajurit TNI.

"Keberhasilan Prajurit TNI merebut wilayah Distrik Bibida yang selama ini dikuasai oleh OPM, merupakan upaya TNI untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif di wilayah Papua. Lebih lanjut, TNI akan terus mengejar Kelompok OPM pelaku pembunuhan dan pembakaran masyarakat," kata Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard TH Tampubolon, pasca menerima laporan hasil perebutan wilayah Distrik Bibida.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network