get app
inews
Aa Read Next : Toko Online Jual Minyak Goreng Minyakita akan Ditutup Paksa Kementerian Perdagangan

Minyak Goreng Curah Jadi Kemasan, Berapa Harganya? 

Rabu, 15 Juni 2022 | 14:54 WIB
header img
Minyak goreng curah per liter Rp14.000. Foto: Ilustrasi.

JAKARTA, iNews.id — Pemerintah akan menghapus minyak goreng curah karena tidak higienis. Ke depan, minyak goreng curah akan menjadi minyak goreng kemasan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, hanya Indonesia dan Bangladesh yang masih mengonsumsi minyak goreng curah saat ini. Oleh karena itu, pemerintah akan mengganti minyak goreng curah menjadi kemasan.  

"Cuma dua di dunia ini negara yang masih curah, Bangladesh dan Indonesia. Kita mau terus menerus begitu?" kata Luhut saat ditemui wartawan di kantor BPKP, Jakarta, Rabu (15/6/2022). 

Dia menjelaskan, otoritas akan mengemas minyak goreng curah menjadi kemasan sederhana. Namun langkah ini dilakukan secara bertahap.  

"Kita mau curah ini jadi kemasan bertahap ya, jadi kemasan sederhana. Kan jadi bagus, bermartabat bangsa ini lebih lagi. Di Jakarta ini kan orang lebih enggak suka lagi pakai curah," ujarnya.  

Namun Luhut belum bisa memastikan kapan hal itu dilakukan. Bahkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) selaku pelaksana tugas juga belum bisa memastikan rencana ini bisa dilakukan tahun ini.  

Kendati demikian, Luhut menegaskan, pemerintah akan terus berupaya menekan agar harga minyak goreng tersebut sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp14.000.  "Harganya tetap Rp14.000-an, ya ada naik-turun, ya market mekanisme kalau suplainya cukup, ya jalan," katanya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut