get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia dengan Metaverse 

Menparekraf Optimistis Cetak 4,4 Juta Lapangan Kerja 

Sabtu, 30 Juli 2022 | 12:00 WIB
header img
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, saat mengunjungi Desa Wisata Budo yang terletak di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. (Foto: Istimewa).

MINAHASA UTARA, iNews.id —Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, kembali berkeliling nusantara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.  

Kali ini, Sandiaga Uno yang didampingi istri, Nur Asia, berkunjung ke Desa Wisata Budo yang terletak di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. 

Desa Wisata Budo terpilih dalam 50 desa wisata terbaik karena terkenal dengan keindahan bawah lautnya itu. Selain itu, desa ini juga memiliki pelaku ekonomi kreatif baik dari sisi akomodasi hingga kuliner.  

Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah harapan dan kebutuhan masyarakat, khususnya para pelaku usaha parekraf untuk mengembangkan usahanya. 

Satu di antaranya adalah Oma Oce yang mengaku membutuhkan bantuan berupa kelengkapan guest house yang dikelolanya, seperti sprei dan handuk berwarna putih serta lainnya. "Saya melihat Oma Oce, apa yang dia perlukan tentunya adalah sprei warna putih, handuk, kelengkapan, mungkin nanti pelatihan SDM seperti apa, penataan daripada Bubur Manado dan Nasi Kuning serta penataan produk-produk ekonomi kreatif lainnya," ungkap Sandiaga Uno.  

Menurut dia, penetapan Desa Wisata Budo tersebut diharapkannya dapat dilanjutkan dengan penataan infrastruktur serta pelatihan sumber daya manusia.  

"Karena alamnya sendiri sudah luar biasa, jadi tinggal produk-produk ekonomi kreatif, dan juga dilengkapi wisata bawah air," ujar Sandiaga Uno. 

Dia menjelaskan, Desa Wisata Budo merupakan bagian dari Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang yang bisa menopang kunjungan wisatawan. DSP Likupan diharapkan dapat menjadi quality tourism dan Desa Wisata Budo ini menjadi sustainable tourism.  

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut