get app
inews
Aa Read Next : Warga Rumpin Bogor Geger Temukan Mayat Pria Membusuk Dalam Ruko

5 Kota Terluas di Jabar Ini Banyak Pendatang 

Selasa, 02 Agustus 2022 | 14:00 WIB
header img
Terdapat lima kota terluas di Jawa Barat. (Foto: Instagram/infobandungkota)

JAKARTA, iNews.id —Selain luas, 5 kota ini memiliki jumlah populasi penduduk yang padat dengan mobilitas tinggi. Selain itu kota-kota memiliki perekonomian yang cukup maju dan tingkat satuan pendidikan yang cukup baik, sehingga banyak orang yang merantau ke kota ini, di antaranya pelajar atau mahasiswa guna mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Berikut deretan 5 kota terluas di Jawa Barat berikut ini;

1. Bekasi  
Kota terluas di Jawa barat yang pertama ada Kota Bekasi. Kota ini memiliki luas sebesar 206,61 kilometer persegi. Kota ini merupakan kota yang padat penduduk dan termasuk kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.464.719 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021. Kota Bekasi merupakan kawasan elite karena banyaknya pusat perbelanjaan dan hiburan di sana, serta menjadi sentra industri. Banyak orang yang merantau ke kota ini. 

2. Depok 
Kota terluas di Jawa barat berikutnya yakni adalah Kota Depok. Kota ini memiliki luas 200,29 km persegi. Kota Depok ini memiliki lokasi yang strategis karena langsung berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta. Kota Depok ini juga memiliki akses mobilitas penduduk yang tinggi, dan mayoritas penduduknya adalah perantau atau pendatang. Kota Depok ini juga masuk ke dalam kawasan Jabodetabek, dan terintegrasi langsung dengan commuter line, sehingga membuat akses transportasi masyarakat di kota ini menjadi lebih mudah dan efisien. 

3. Tasikmalaya 
Kota terluas di Jawa barat yang ketiga yakni ada Kota Tasikmalaya. Tasikmalaya ini merupakan kota terluas di Provinsi Jawa Barat setelah kota Bekasi dan Kota Depok.  Kota Tasik ini memiliki luas sebesar 171,61 km persegi dengan kepadatan penduduk sebesar 4.260 jiwa per kilometer persegi. Kota Tasikmalaya ini memiliki geografis yang berbatasan di sebelah utara dengan Kabupaten Ciamis, dan di sebelah timur, barat, dan selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut