get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Jennifer Jill, Ibu Mantan Pacar Azizah Salsha yang Nikahi Brondong Beda 17 Tahun

Haji Isam, Pengusaha Batu Bara Sukses Ternyata Pernah Jadi Tukang Ojek

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:42 WIB
header img
Andi Syamsuddin atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Isam, merupakan crazy rich asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ternyata pernah jadi tukang ojek. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id —Sebelum hidup kaya raya seperti sekarang ini, Haji Isam, ternyata dulunya pernah menjadi tukang ojek. Pengusaha sukses asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memiliki nama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad ini, adalah pengusaha batu bara terkenal di Batu Licin, Kalsel. Menyebut nama Haji Isam identik dengan bisnis batu bara yang digelutinya selama ini.

Seperti apakah sosok haji terkaya di Indonesia ini? Bagaimana profil dan kekayaan Haji Isam? Berikut ini kisah sukses Haji Isam sebagai motivasi dan sumber inspirasi. 

Profil dan Kekayaan Haji Isam, Haji Terkaya di Indonesia

Haji Isam merupakan salah satu pengusaha batu bara yang sukses di Pulau Kalimantan. Namanya mulai menjadi perbincangan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menghadiri peresmian pabrik biodiesel baru miliknya senilai Rp2 triliun di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada tahun 2021.

Meski dikenal sebagai pengusaha Kalimantan, rupanya Haji Isam sebenarnya bukan asli Kalimantan. Pria yang kini berusia 45 tahun ini merupakan perantau sukses dari Bone, Sulawesi Selatan. Haji Isam juga merupakan keponakan dari Sahbirin Noor yang tak lain merupakan Gubernur Kalsel saat ini.

Haji Isam memiliki kekayaan yang melimpah ruah. Kekayaan ini sebagian besar didapatkannya dari dari bisnis batu bara yang dijalankannya. Adapun perusahaan Haji Isam di sektor ini adalah PT Jhonlin Group yang memiliki beberapa lini bisnis yaitu PT Jhonlin Baratama, PT. Jhonlin Marine and Shipping, dan PT Jhonlin Air Transport.

Lini usaha yang baru diluncurkannya adalah PT Jhonlin Air Transport yang merupakan usaha rental jet pribadi. 

Kekayaan Haji Isam 

Sukses dengan berbagai bisnisnya membuat Haji Isam mampu memiliki kekayaan yang melimpah. Ia juga memiliki rumah megah bak istana di di tepi jalan raya,  Batu Licin. Total luas kediamannya disebut-sebut mencapai 20 hektare. Ia juga cukup dikenal dengan hobi offroad dan berburu. 

Omzet yang didapat Haji Isam dari bisnis batu baranya bahkan tembus hingga Rp40 miliar per bulan. Hal itu karena dia mampu menjual 400 ribu ton batu bara. Tak hanya itu, ia juga menjalankan bisnis di berbagai bidang seperti properti, pabrik gula, dan perkebunan tebu PT Prima Alam Gemilang, anak perusahaan PT Jhonlin Batu Mandiri. 

Total kekayaan Haji Isam diperkirakan sudah berada di angka Rp1 triliun. Dengan kekayaan tersebut tak heran jika Haji Isam memiliki sederet aset mewah seperti rumah, koleksi mobil, dan harta benda lainnya.

Pernah Jadi Tukang Ojek

Sebelum menjadi pengusaha sukses dengan harta melimpah ruah seperti saat ini, Haji Isam rupanya pernah menjajal berbagai profesi. Banyak sumber menyebutkan bahwa semua bisnis yang dijalankannya itu dimulai dari nol. Ia berhasil mengelola perusahaannya secara perlahan. Siapa sangka pengusaha kaya ini dulunya pernah menjadi tukang ojek, buruh muat, sopir angkutan, pekerja perkayuan, bahkan tukang tebang. 

Ia memulai usahanya dari nol hingga akhirnya sukses. Haji Isam memulai bisnis dan terjun di lini bisnis batubara nyaris hanya modal dengkul. Hal ini dimulainya saat ikut di sebuah perusahaan milik seorang pengusaha Batu Bara keturunan Tionghoa - Surabaya.

Pengusaha itulah yang mengenalkannya dengan usaha batu bara. Setelah keluar dari perusahaan tersebut, Haji Isam mencoba usaha sendiri dan mendirikan perusahaan Jhonlin yang akhirnya menggurita.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut