get app
inews
Aa Read Next : Warga Rumpin Bogor Geger Temukan Mayat Pria Membusuk Dalam Ruko

5 Kota Terpadat di Jabar, Cek!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:00 WIB
header img
Depok, salah satu kota terpadat penduduknya di Jawa Barat. Foto: MPI.

JAKARTA, iNews.id —Sejumlah kota  di Jawa Barat (Jabar) ini memiliki penduduk terpadat. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar pada 2020, total penduduk Provinsi Jabar kurang lebih 49 juta jiwa yang tersebar di 27 kabupaten dan kota. 

Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis data pada 2021, terdapat lima kota terpadat di Jawa Barat  berdasarkan pengukuran tingkat kepadatan penduduk dalam jiwa per kilometer persegi.  

Berikut lima Kota terpadat di Jabar:  

1. Kota Bandung 
Kota Bandung memiliki luas wilayah sekitar 167,3 km persegi. Kota Bandung memiliki jumlah penduduk sekitar 3.831.505 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2020. Dengan luas 167,3 km persegi, tindak kepadatan penduduk Kota Bandung sekitar 15.174 jiwa per km persegi. Berdasarkan data tersebut, menjadikan kota berjuluk Parijs van Java ini terpadat pertama di Jawa Barat.    

2. Kota Cimahi  
Di urutan kedua Kota Cimahi. Kota Cimahi memiliki luas wilayah hanya 40,37 km persegi. Kota dengan tiga kecamatan, Cimahi Tengah, Selatan, dan Utara ini, memiliki jumlah penduduk sekitar 620.393 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada 2020. Walaupun tak begitu luas, namun penduduk di Kota Cimahi sangat padat yakni sekitar 14.273 jiwa per km persegi. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut