get app
inews
Aa Read Next : Ford Sedang Menggarap SUV Listrik 7 Tempat Duduk dan Kabarnya akan Diboyong ke Indonesia

Jenis Helm Pilihan Sesuai Tipe Gaya Bermotor, Cek! 

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:00 WIB
header img
Jenis helm pilihan yang cocok sesuai gaya bermotor. (Foto: Freepik)

 

SUKABUMI, iNews.id —Para bikers akan semakin terlihat menawan dan gagah di atas motor dengan jenis helm yang sesuai gaya motornya. Tak hanya itu, fungsi penggunaan helm sangatlah penting sebagai pelindung kepala menjadi suatu kebiasaan yang wajib digunakan untuk bikers. 

Meskipun kecil, namun penggunaan helm penting dan tidak bisa diabaikan. Sebab, helm jadi perlengkapan vital berkendara dalam undang-undang lalu lintas. Helm juga jadi identitas para biker sebagai tren fesyen dan aksesoris yang tak boleh terlewatkan. 

Untuk Anda yang suka bepergian, gunakan helm sesuai dengan jenisnya, ya. Nah, yuk kenali jenis helm yang cocok sesuai gaya bermotor Anda! 

1. Helm Full Face 
Helm Full Face dinilai paling aman melindungi bagian kepala dibanding jenis helm lainnya. Sesuai namanya, helm full face menutup sempurna bagian kepala hingga wajah. Helm ini paling maksimal melindungi kepala, wajah dan sebagian leher saat terjadi kecelakaan. Jenis helm ini cocok digunakan untuk pengendara motor sport yang identik dengan kecepatan atau penggila balap. Meskipun sudah helm ini menutup seluruh wajah para pengendara, pabrikan helm telah meningkatkan sistem ventilasi yang lebih baik, sehingga lebih nyaman digunakan. 

2. Helm Half Face 
Jenis helm ini bisa dikatakan merupakan hasil modifikasi dari helm open face. Ditambahkan berupa visor atau kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah. Lebih aman dari model terbuka dan mampu memberikan perlindungan lebih baik. Keunggulan memilih helm half face, yakni penggunaannya lebih mudah ketimbang full face, jarak pandang lebih terbuka dan pengendara tidak merasa pengap atau panas. Sebab bagian bawah yang terbuka mampu memberikan sirkulasi udara. Akan tetapi, jenis helm ini tidak direkomendasikan ketika perjalanan jarak jauh, karena perlindungannya kurang maksimal. 

3. Helm Retro 
Untuk Anda yang menyukai motor klasik, penggunaan jenis helm yang cocok sesuai gaya bermotor Anda, yakni helm retro.  Biasanya motor bergaya retro, klasik, custom, atau Vespa, cocok jika dikombinasikan dengan helm  bergaya retro sehingga memiliki kesan daya tarik tersendiri. Helm bergaya klasik atau retro mungkin akan  menjadi hal sedang trend belakangan ini, hal ini juga tidak lepas dengan banyaknya motor dengan desain retro di pasaran. Salah satu ciri helm retro biasanya akan bisa Anda lihat pada bagian yang terlihat simple dan jauh dari kesan aerodinamis. 

4. Helm Modular 
Helm Modular memiliki fungsi yang sama dengan helm full face. Model ini juga bisa disebut perpaduan antara helm full face dan half face. Bagian rahang dan visornya bisa diangkat, sehingga wajah dari pemakainya bisa terlihat seperti menggunakan helm half face. Helm ini cocok digunakan untuk perjalanan jauh karena mampu memberikan proteksi maksimal seperti model full face. Karena punya sistem untuk mengangkat sebagian, helm modular biasanya agak lebih berat dibandingkan dengan helm lain. Namun karena kemudahannya, helm modular disukai terutama saat mengangkat telepon atau mau minum. 

Itulah inspirasi beragam jenis model helm yang cocok untuk para bikers. Sekarang Anda tak perlu pusing dan khawatir untuk mendapatkan beragam jenis helm yang keren dan elegan untuk menunjang gaya bermotor Anda.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut