get app
inews
Aa Read Next : Kampanye Kreatif Ala Caleg Gerindra Heri Gunawan di Sukabumi, Makan Siang dan Susu Gratis

KPU Rampungkan Verifikasi Administrasi 24 Parpol 

Selasa, 30 Agustus 2022 | 19:00 WIB
header img
Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik memberikan pernyataan kepada awak media terkait proses tahapan verifikasi administrasi Parpol peserta Pemilu 2024 di Kantor Bawaslu RI, Selasa (30/8/2022) siang. Foto: Carlos Roy Fajarta.

JAKARTA, iNewsSukabumi.id —Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik mengungkapkan, tahapan verifikasi administrasi untuk 24 partai politik (parpol) telah rampung dilakukan. Parpol tersebut merupakan yang lolos dalam tahap pendaftaran 1-14 Agustus 2022 lalu. 

"Sudah seluruhnya sejak tiga hari yang lalu, sekarang masa untuk memberikan kesempatan untuk klarifikasi kegandaan eksternal," kata Idham, Selasa (30/8/2022) di kantor Bawaslu RI kepada awak media. 

Ia menjelaskan proses verifikasi administrasi partai politik yang berjalan di setiap kabupaten/kota pada dasarnya dijadwalkan hingga 11 September 2022 mendatang. Namun, hal itu sudah sepenuhnya diselesaikan. "Sudah rampung sejak tiga hari yang lalu (27 Agustus 2022)," ucap Idham Holik. 

Hasil dari verifikasi administrasi tersebut nantinya akan diumumkan pada 14 September 2022 mendatang. Idham Holik mengaku saat ini pihaknya sedang memberikan kesempatan bagi partai politik yang hendak melakukan perbaikan terkait keanggotaan ganda eksternal. 

"Saat ini sedang memberikan kesempatan bagi parpol yang keanggotaannya ganda eksternal untuk melakukan klarifikasi," tutur Idham. 

Sementara itu, dia menjelaskan bahwa KPU RI telah melakukan revisi terkait waktu yang diberikan bagi partai politik. "Hal tersebut kemarin kami sudah tuangkan dalam revisi keputusan kami, baik nomor 259 maupun 260," tutup Idham.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut