get app
inews
Aa
Read Next : 4 Terduga Pelaku Investasi Bodong Rp5 M di Sukabumi Ditangkap Polisi

Jokowi Luncurkan 5G Mining di Freeport Indonesia, Pertama di Asia Tenggara

Kamis, 01 September 2022 | 13:42 WIB
header img
Presiden Jokowi meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining yang merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden.

JAYAPURA, iNews.id —Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining sendiri merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). 

"Saya yakin teknologi ini akan membuat PT Freeport Indonesia semakin diperhitungkan di tingkat global dan menghasilkan semakin banyak SDM-SDM di bidang pertambangan yang berkualitas di dunia dan berkontribusi besar bagi kemajuan industri pertambangan Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/9/2022). 

Jokowi meminta kepada semua pihak agar tidak tertinggal dan harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi saat ini. Salah satunya, sektor pertambangan yang harus mampu mengimplementasikan teknologi terbaru. 

"Dalam rangka mendukung seluruh operasional di pertambangan dan kita membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan yang umumnya seperti PT Freeport ini berada di daerah-daerah yang terpencil dan sulit terjangkau dengan tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah," jelasnya. 

Maka dari itu, Jokowi pun bergembira karena bisa membuktikan bahwa Indonesia bisa lebih maju pada sektor pertambangan karena akan menggunakan teknologi 5G Mining. 

"Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara oleh PT Freeport Indonesia yang didukung PT Telkomsel dalam rangka untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh. Serta meningkatkan keselamatan kerja dan untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia," kata Jokowi.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut