get app
inews
Aa Read Next : 2 Pesawat dan Heli Bawa Bantuan Kemensos dan Panglima TNI bagi Korban Kekeringan di Kabupaten Puncak

Mensos Risma: BLT BBM Disalurkan kepada 445 Kabupaten Kota

Rabu, 07 September 2022 | 15:00 WIB
header img
Mensos Tri Rismaharini menyebut BLT BBM sudah disalurkan kepada 445 kabupaten/kota di Indonesia. Foto: MPI/Widya Michella. 

JAKARTA, iNewsSukabumi.id —Kementerian Sosial mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) sejak Kamis (1/9/2022). Pada tahap pertama, BLT BBM disalurkan kepada kurang lebih 18,48 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 445 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. 

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjelaskan masih ada 313.244 KPM yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tengah dilakukan pembersihan. Sementara 1.850.000 KPM sedang dilakukan persiapan data oleh PT Pos dan Kemensos guna memastikan BLT BBM tepat sasaran.  

"Posisi per hari ini di 445 kota dan kabupaten. Kita lagi ngatur strategi bersama PT Pos terutama di daerah tadi daerah terpencil, pegunungan yang memang tidak bisa diakses," kata Mensos dalam diskusi FMB9 yang disiarkan secara daring, Selasa (6/9/2022).  

Mensos Risma pun memberikan alternatif bagi masyarakat yang belum terdata untuk mendapatkan BLT BBM yakni dengan memanfaatkan fitur usul sanggah dalam aplikasi cek bansos. Jika mendesak, Risma menyarankan agar masyarakat dapat menelepon command center Kemensos di nomor 021 171 yang beroperasi selama 24 jam. 

Diketahui, BLT tersebut diberikan kepada masyarakat selama empat bulan. Per bulannya diberikan Rp150.000 dan diberikan dua kali kepada penerima. Artinya penerima bantuan mendapat Rp300.000 pada bulan September dan Desember 2022 melalui PT Pos Indonesia.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut