get app
inews
Aa Read Next : Pasukan Raider dan Kopasgat Tembak Mati Anggota KKB di Distrik Ilaga yang Membakar Perumahan Nakes

2 Pesawat dan Heli Bawa Bantuan Kemensos dan Panglima TNI bagi Korban Kekeringan di Kabupaten Puncak

Rabu, 26 Juli 2023 | 20:39 WIB
header img
Helikopter TNI AU dan dua pesawat telah membawa 14 ton bantuan Kemensos dan Panglima TNI untuk korban kekeringan di Kabupaten Puncak. Foto Bidhumas Polda Papua

TIMIKA, iNewsSukabumi.id - Helikopter Caracal milik TNI AU dan dua pesawat jenis caravan dari Bandara Mozes Kilangin Timika telah membawa 14 ton bantuan Kemensos dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk korban kekeringan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah
  
Bantuan tersebut diperuntukan bagi tiga distrik di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah yang dilanda bencana kekeringan. Tiga distrik yang dilanda bencana kekeringan yaitu di Distrik Agandugume, Distrik Lambewi dan Distrik Oneri.

Sebelumnya 14 ton bantuan logistik dari Kemensos RI dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk warga terdampak kekeringan di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi Kabupaten Puncak Papua Tengah telah sampai di Timika, Kabupaten Mimika pada Senin (24/7/2023). Bantuan tersebut diterbangkan dari gudang logistik di Jakarta dan Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan bahwa hari ini, Rabu (26/07/2023) bantuan tersebut telah diangkut menggunakan dua pesawat dan satu heli
menuju Distrik Sinak.

“Bantuan tersebut sudah berupaya dikirimkan melalui Distrik Sinak sejak Senin, namun bantuan tersebut tidak bisa diterbangkan lantaran terkendala cuaca,” kata Kabid Humas.

Kabid Humas mengatakan distrik terdampak yaitu Distrik Agandugume memiliki lapangan terbang. Namun bantuan tidak bisa diterbangkan melalui distrik tersebut karena sedang ditutup lantaran dalam perbaikan dan pertimbangan situasi keamanan.

“Karena alasan tersebut, alternatif paling mungkin adalah mengirimkan bantuan melalui lapangan terbang Sinak, karena masyarakat dari Distrik Agandugume dan Lambewi sebagian sudah berada di Sinak dan yang lainnya juga sedang bergeser dari kampung,” timpal Kabid Humas.

Adapun jenis bantuan yang dikirimkan Kemensos adalah makanan siap saji 4.000 paket, makanan anak 4.000 paket, lauk pauk siap saji 2.000 paket, tenda gulung 500 lembar, sarden 25 dus, kornet 32 dus, sosis 83 dus, abon sapi 15 dus, biskuit 18 dus.

Selanjutnya, pakaian anak (TK, SD dan SMP) 3.000 stel, pakaian dewasa 4.000 stel, celana dewasa 4.000 lembar, dan selimut 4.000 lembar.

Hal senada diungkapkan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman. Menurut Kapendam bantuan sosial diterbangkan langsung dari Jakarta pada Senin (24/7) menggunakan Pesawat C-130 Hercules A-1327 Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma.

Distribusi bantuan sosial diangkut menggunakan Helikopter Caracal milik TNI Angkatan Udara dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Distrik Sinak pada Rabu (26/7/2023) sekitar pukul 07.45 WIT yang dipimpin langsung Dandim 1717/Puncak Letkol Inf Jonathan Nidio Aprimanda, turut serta Plt Direktur Perlindungan Korban Bencana Alam Kemensos Adrianus Alla.

“Atas nama Pemkab Puncak, saya Dandim 1717/Puncak mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panglima TNI yang telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di wilayah kami, khususnya masyarakat yang terdampak bencana kekeringan di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi,” tandas Dandim.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut