get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara 3 Unggahan Ini Pemuda Madiun Jadi Tersangka Kasus Bjorka 

Viral Hacker Bjorka Bocorkan Data, Pakar IT Universitas Brawijaya Ungkap Sosoknya

Rabu, 14 September 2022 | 18:00 WIB
header img
Istana Bantah Ada Kebocoran Data Presiden Jokowi oleh Hacker 'Bjorka' . Foto: MNC Media.

"Kalau analisa saya yang belakangan ini banyak data bobol, termasuk yang di UB sendiri itu feelingnya justru orang dalam (orang Indonesia), sebenarnya bukan luar tapi orang Indonesia sendiri, coba-coba mbobol, kalau orang luar tidak ada urgensinya," tambah dosen di Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya ini. 

Selanjutnya, dia menuturkan, para hacker yang tergabung dalam forum itu biasanya saling berbagi informasi mengenai website dan sistem siber sekuriti. Mereka biasanya berbagi informasi sistem sekuriti mana yang sudah diperbarui dan lubangnya sudah ditutup.  Di sisi lain, dia menyebut para hacker juga saling berbagi informasi soal sistem dan lubang baru yang bisa dimanfaatkan. Dari sana lah hacker itu masuk melakukan peretasan database aplikasi maupun website yang ada. 

"Sepertinya ada informasi cara membobol itu menyebar di kalangan hacker, sehingga ada yang ngasih informasi," ujar Herman. Fenomena Bjorka, menurut dia, diperparah dengan lemahnya sistem sekuriti siber aplikasi-aplikasi dan website yang dikelola pemerintah. Bahkan Herman menyebut, sistem keamanan siber di beberapa kementerian, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terdapat beberapa lubang dan celah untuk bisa diterobos hacker. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut