get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara 3 Unggahan Ini Pemuda Madiun Jadi Tersangka Kasus Bjorka 

Viral Hacker Bjorka Bocorkan Data, Pakar IT Universitas Brawijaya Ungkap Sosoknya

Rabu, 14 September 2022 | 18:00 WIB
header img
Istana Bantah Ada Kebocoran Data Presiden Jokowi oleh Hacker 'Bjorka' . Foto: MNC Media.

MALANG, iNewsSukabumi.id —Pakar siber dan IT Universitas Brawijaya (UB) Herman Tolle buka suara terkait viral hacker Bjorka yang membocorkan data pribadi pejabat ke internet. Dia meyakini Bjorka memiliki koneksi dengan hacker Indonesia. 

Herman menjelaskan, kebocoran data pribadi sejumlah pejabat kecil kemungkinan terjadi apabila Bjorka melakukan peretasan bermotif iseng-iseng. 

"Analisa saya bisa jadi yang awal-awal memang dari luar, aslinya bisa jadi dari luar. Tapi yang jelas dia punya koneksi ke orang Indonesia, sehingga tahu atau kepingin membobol yang mana. Kalau orang luar iseng-iseng kayaknya nggak mungkin juga," ucap Herman Tolle saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (14/9/2022). 

Para hacker ini memiliki forum komunikasi sendiri. Sehingga mereka bisa saling bertukar informasi mengenai website atau sistem yang akan diretas.  

"Ya sebenarnya kayak gitu (ada forumnya) hacker itu kan juga ada komunitasnya, komunitas di web. Ada dark web nyebutnya, yang gelap. Isinya orang-orang hacker berbagi informasi termasuk mereka jualan-jualan data. Mungkin ini pendapat pribadi, ada informasi saling sharing, mencoba membobol aplikasi-aplikasi yang ada, dan ternyata ada yang masih jebol," ujarnya. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut