get app
inews
Aa Read Next : 4 Terduga Pelaku Investasi Bodong Rp5 M di Sukabumi Ditangkap Polisi

Nama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Dicatut Penipu Modus Jual Motor Mobil Hasil Lelang

Jum'at, 19 Mei 2023 | 17:52 WIB
header img
Nama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara dicatut oleh orang yang tidak bertanggungjawab dalam penawaran penjualan motor dan mobil melalui aplikasi perpesanan WhatsApp (WA). Foto ilustrasi/SINDOnews

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara dicatut oleh orang yang tidak bertanggungjawab dalam penawaran penjualan motor dan mobil melalui aplikasi perpesanan WhatsApp (WA). Mereka mengklaim bahwa kendaraan-kendaraan tersebut adalah hasil lelang.

Seorang warga Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, yang bernama Kristiawan Saputra, juga menerima pesan penawaran tersebut. Pesan tersebut menyebutkan adanya tiga unit motor dan tiga unit mobil yang berasal dari lelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dengan menggunakan nama Yudha Sukmagara, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi.
 
"Dalam pesan itu menyebut, unit kendaraan hasil lelang 100 persen masih baru dan jika berminat, pembayaran dapat dilakukan dengan cara cicil dan tanpa bunga. Penipu itu menggunakan profil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi,” kata Kristiawan, Jumat (19/5/2023). 

Setelah menerima pesan tersebut, Kristiawan tidak langsung percaya dan mengkonfirmasi kebenarannya dengan menghubungi Yudha Sukmagara, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, melalui nomor telepon yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengannya. Kristiawan tidak menghubungi nomor yang digunakan dalam pesan penawaran motor dan mobil tersebut.

“Selain tidak berniat untuk membeli, karena dua hari yang lalu saya ketemu beliau dan nggak membahas hal ini. Takutnya pesan ini nyampe ke yang lain dan ada yang percaya hal ini, untuk itu mohon bantu sebarkan info ini,” timpal Kristiawan. 
 
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, memastikan bahwa nomor telepon yang digunakan untuk menghubungi warga dan menawarkan jual beli mobil dan motor lelang bukanlah nomor yang ia gunakan. Ia menegaskan bahwa hal tersebut merupakan pencatutan nama yang dilakukan untuk melakukan penipuan
 
“Jadi, yang pertama akan saya sampaikan bahwa nomor handphone tersebut palsu dan saya sampaikan pada kesempatan itu, bahwa saya tidak pernah melakukan hal tersebut,” ujar Yudha.

Yudha Sukmagara mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menindaklanjuti pesan yang dikirim oleh nomor palsu yang mengaku sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi. Ia menekankan bahwa ia memiliki nomor pribadi dan akun media sosial resmi. Oleh karena itu, Yudha Sukmagara meminta masyarakat untuk hanya menghubungi atau berinteraksi dengannya melalui nomor dan akun yang resmi tersebut.
 
“Saya tidak pernah mengganti nomor telepon. Jadi saya ini sudah kesekian kali menjadi korban oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan kejahatan dengan modus penipuan. Saya sudah melakukan upaya hukum dan saya sudah melaporkan ke pihak kepolisian untuk segera di tindaklanjuti,” tandas Yudha. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut