get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pembalap Ramaikan Walikota Cup 2023 di Sirkuit Terminal Tipe C Sukabumi

Ribuan Warga Muhammadiyah Sukabumi Shalat Idul Adha di Kampus UMMI, Kurban Dilaksanakan Besok

Rabu, 28 Juni 2023 | 11:11 WIB
header img
Ribuan warga Muhammadiyah di Kota Sukabumi melaksanakan shalat id Idul Adha di Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) pada Rabu (28/6/2023). Foto salah satu sisi kampus UMMI yang dijadikan tempat Shalat Id. Foto iNews/Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Ribuan warga Muhammadiyah di Kota Sukabumi melaksanakan shalat id Idul Adha di Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) pada Rabu (28/6/2023). Bertindak sebagai imam dan khatib pada shalat id tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Sukabumi, H Ade Rahmatullah.

Namun pelaksanaan kurban bagi warga Muhammadiyah di Kota Sukabumi akan dilaksanakan pada H+1 lebaran Idul Adha 1444 H/2023 M atau pada hari Kamis (29/6/2023). Hal tersebut sesuai instruksi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebagai bentuk toleransi kepada umat muslim yang akan berlebaran besok.


"Idul Adha sebagai peneguhan pribadi muslim keluarga dan masyarakat untuk berakidah dan bertauhid yang lurus, itu tema Idul Adha pagi ini. Maknanya, fisaat semua, kita masyarakat indonesia krisis akhlak dan mental, krisis tauhid kita lihat kehidupan di negeri ini sudah carut marut dari sisi tauhid," kata Ade.

Ade menambahkan, keadaan saat ini, umat manusia ada yang meninggal karena dibunuh oleh dukunnya. Lalu orang ingin kaya mendadak pergi ke dukun. Dan yang lebih fatal, menimpa pribadi-pribadi kita yang tauhidnya sudah luntur.

"Hal tersebut mempengaruhi ketika pribadi rusak, keluarga pun akan ikut rusak berantakan. Ketika keluarga rusak berantakan maka masyarakat pun akan rusak, sehingga kalau masyarakatnya sudah rusak maka tunggu saat kehancurannya negeri ini," timpal Ade 

"Kita tidak mau seperti itu, makanya kita dorong peneguhan keimanan tauhid pribadi masing-masing kita juga keluarga-keluarga kita dan masyarakat sehingga kita menjadi negara yang badah toyibah warobun gofur, negara yang penuh dengan kebaikan, negara yang penuh dengan kasih dan sayang dari Allah SWT," lanjut Ade.

Sementara itu saat disinggung mengenai pelaksanaan pemotongan hewan kurban, Ade mangatakan bahwa untuk pelaksanaan kurban akan dipusatkan di SD Aisyiah yang sudah terbiasa dari tahun ke tahun ditempatkan di sekolah yang dikelola oleh PDM Kota Sukabumi tersebut. 

"Alhamdulillah lebih dari 5 ekor sapi dan kalau kemarin saya inventarisir masih tiga domba tapi insya Allah jumlahnya akan bertambah lagi. Sesuai dengan instruksi PP Muhammadiyah, pelaksanaan kurban akan dilaksanakan besok," tandas Ade.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut