get app
inews
Aa Read Next : Viral Konvoi Bawa Senjata Tajam, 13 Remaja Dicokok Polsek Palabuhanratu

Profil AKBP Toni Kasmiri Pamen Polri yang Bentak Wakil Wali Kota Surabaya saat Eksekusi di Pakis

Senin, 14 Agustus 2023 | 21:03 WIB
header img
Nama AKBP Toni Kasmiri mendadak viral, karena perwira menengah Polri ini berani membentak Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat eksekusi puluhan rumah di Dukuh Pakis, Rabu (9/8/2023). Foto AKBP Toni Kasmiri (kiri) ketika berdamai dengan pihak Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat eksekusi puluhan rumah di Dukuh Pakis, Rabu (9/8/2023). Foto Ist

SURABAYA, iNewsSukabumi.id - Nama AKBP Toni Kasmiri mendadak viral, karena perwira menengah Polri ini berani membentak Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat eksekusi puluhan rumah di Dukuh Pakis, Rabu (9/8/2023). Sejak saat itu, banyak yang penasaran dengan sosok yang menjabat Kabag Ops Polrestabes Surabaya ini.

Ternyata polisi perwira menengah ini pernah mengamankan sidang kasus kerusuhan Stadion Kanjuruhan.
 
  
Karir kepolisiannya dimulai sejak tahun 2004, ketika Toni lulus Akademi Kepolisian (Akpol). Toni dan rekan-rekannya dari Letnan Satu di Akpol 2004 ini dikenal dengan sebutan Batalyon Tatag Trawang Tungga.

Setelah lulus Akpol, karir Toni di kepolisian tergolong moncer dan cemerlang. Ia menduduki beragam posisi kunci di Polda Jawa Timur.

Dilansir dari website Polri.go.id, Toni pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Resort Malang saat masih berpangkat Komisaris Polisi atau Kompol.

Kemudian, di tahun 2018 Toni mengemban amanah sebagai Wakapolres Pulau Morotai, Maluku Utara.

Lalu tahun 2022, Toni dipercayakan menjadi Kasubdit 3 di Ditresnarkoba Polda Jatim. Karirnya kemudian menanjak menjadi Kabag Ops Polrestabes Surabaya.

Lantaran sikapnya yang tegas dan tak pandang bulu, di awal jabatan jadi Kabag Toni diberi amanah untuk menangani keamanan sidang kasus kerusuhan Stadion Kanjuruhan di PN Surabaya pada Januari 2023.

Dengan sikap tegasnya, Toni meminta semua personel yang terlibat pengamanan sidang untuk tetap menjalankan prosedur sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Kini Toni jadi sorotan setelah ia berani membentak Wawali Surabaya Armuji saat ptoses eksekusi rumah di Dukuh Pakis. Meski begitu, Toni dan Armuji sudah sepakat untuk berdamai.
  
AKBP Toni Kasmiri diketahui pernah memangku tugas sebagai Wakil Kapolres Malang sebelum akhirnya merapat sebagai Kabag Ops Polrestabes Jatim.

Saat itu AKBP Toni Kasmiri masih berpangkat sebagai Komisiaris Polisi (Kompol).

Selanjutnya AKBP Toni Kasmiri juga pernah mengemban sebagai Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Jatim pada tahun 202.

Dilansir dari Polri.go.id, saat mengemban amanah sebagai Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Toni salah satunya berfokus terkait keamanan sidang perdana tragedi kasus Kanjuruhan, Malang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Januari 2023 tempo lalu.

Dirinya saat itu mengatakan, untuk semua personel terlibat pengamanan tetap menjalankan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut