get app
inews
Aa Read Next : Unit Tempur Koops Habema dan Satgas Nanggala Kopassus Berhasil Halau Serangan OPM di Homeyo

Kisah LB Moerdani Perintahkan Sutiyoso Operasi Penyusupan ke Timor Timur Diberi Waktu 1 Minggu

Minggu, 20 Agustus 2023 | 10:35 WIB
header img
Apa reaksi Sutiyoso saat diperintah penugasan berat operasi penyusupan oleh raja intel LB Moerdani menyusup ke wilayah Timor Timur kini berganti nama menjadi Timor Leste. Foto: Dok

Kisah ini diungkapkan dalam buku berjudul 'Benny Moerdani yang Belum Terungkap'. Sutiyoso kemudian memasuki wilayah Timor-Timur melalui kota Atambua di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan perbatasan antara Indonesia dan Timor-Timur yang pada saat itu masih dikenal sebagai Timor Portugal. Setelah berhasil masuk, Sutiyoso menyamar sebagai berbagai identitas, mulai dari seorang mahasiswa hingga seorang pekerja angkutan.

Tidak tanpa rintangan, usaha penyamaran yang dilakukan oleh Sutiyoso hampir terdeteksi oleh beberapa anggota Front Revolusi Kemerdekaan Timor-Leste (Fretilin). Walaupun begitu, pada akhirnya Sutiyoso berhasil menyelesaikan tugasnya karena berhasil menemukan celah untuk menyusup pada pertengahan tahun 1975.

Berkat kesuksesan Sutiyoso di Timor-Timur, Benny segera membentuk Operasi Flamboyan, yang menjadi dasar bagi Operasi Seroja yang dimulai pada tanggal 7 Desember 1975.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut