get app
inews
Aa Read Next : 6 Fakta Menarik Gunung Salak, Misteri Kerajaan Gaib yang Angker hingga Larangan Ucap Kata Ini

6 Fakta Menarik Gunung Cikuray di Garut, Nomor 3 Penghuni Aslinya Mengerikan Bisa Serang Pendaki

Kamis, 26 Oktober 2023 | 15:58 WIB
header img
Fakta menarik Gunung Cikuray di Garut. Foto: Wikipedia

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Inilah deretan fakta menarik Gunung Cikuray di Garut, Jawa Barat  yang wajib kamu ketahui. Tenyata penghuni aslinya mengerikan bisa menyerang para pendaki.

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung tipe Stratovolcano yang mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik perhatian para pendaki dari berbagai daerah. Tak hanya pemandangannya yang indah, Gunung Cikuray di Garut, Jawa Barat ini menyimpan fakta menarik dan unik.

Fakta Menarik Gunung Cikuray

1. Dikenal sebagai Gerbang Kerajaan Pajajaran

Menurut para ahli sejarah, Gunung Cikuray  awalnya bernama Larang Srimanganti. Ceritanya, dahulu kala, di lereng gunung ini, terdapat sebuah tempat bernama Mandala, tempat tinggal para pendeta.

Mandala ini menjadi tujuan penelitian dan  ilmu pengetahuan serta menjadi cikal bakal tradisi penulisan Kerajaan Pajajaran pada abad ke-17.

Banyak naskah kuno  tentang Gunung Larang Srimanganti, sejarah Gunung Cikuray, salah satunya naskah kuno yang dilestarikan di situs Kabuyutan Ciburuy yang terletak di lereng  barat Gunung Cikuray.

2. Gunung Tertinggi di Garut

Bentuknya yang kokoh, menjulang setinggi 2.821 meter diatas permukaan laut. Fakta menarik dari Gunung Cikuray ini adalah gunung tertinggi di  Garut. Gunung Cikuray terletak di 3 kecamatan: Bayongbong, Cilawu dan Cikajang.

Para pendaki yang pernah mendaki  Gunung Cikuray  sering menyebutnya dengan “lautan di atas awan” karena  awan akan berada tepat di bawah kita saat kita mencapai puncak.

3. BAGAS (Babi Ganas) Penghuni Asli Gunung Cikuray

Gunung Cikuray terkenal dengan penghuni aslinya yang mengerikan yaitu si “BAGAS” alias Babi Ganas. Kehadiran babi-babi ganas tersebut bisa menambah tantangan  bagi para pendaki yang berkunjung ke gunung ini.

Pendaki harus selalu berhati-hati dan waspada ketika berada di Gunung Cikuray agar tidak diserang oleh babi-babi ganas.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut