get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Taufan Mokoginta asal Surabaya, Juara di Ajang Pengolahan Kopi Dunia WCRC

Profil dan Biodata Muhammad Syafii Antonio Pelopor Bank Syariah di Indonesia, Mualaf Usia 17 Tahun

Senin, 13 November 2023 | 12:59 WIB
header img
Profil dan biodata Muhammad Syafii Antonio. Foto: Istimewa

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Profil dan Biodata Muhammad Syafii Antonio mungkin bagi sebagian orang tidak cukup familiar. Tapi ternyata, pria kelahiran Sukabumi ini merupakan pelopor di balik berdirinya bank syariah di Indonesia.

Muhammad Syafii memasuki dunia perbankan syariah setelah menyelesaikan studinya. Namanya pun kini terkenal sebagai pakar perbankan syariah.

Lantas siapakah sebenarnya sosok Muhammad Syafii Antonia? Simak profil dan biodata lengkapnya di sini.

Profil dan Biodata Muhammad Syafii Antonio

Nama asli Muhammad Syafii Antonia adalah Nio Cwan Chung. Ia merupakan warga Negara Indonesia keturunan Tionghoa

Muhammad Syafii Antonio lahir di Sukabumi pada 12 Mei 196.

Saat usianya 17 tahun, Muhammad Syafii Antonio akhirnya memutuskan jadi mualaf atau masuk Islam di bawah pimpinan K.H. Abdullah bin Nuh al-Ghazali pada tahun 1984.

Akun Instagram Muhammad Syafii Antonio @msyafiiantonio memiliki 79,4 ribu pengikut dan akun Youtubenya @muhammadsyafiiantonio869 memiliki 14,8 ribu subscribers.

Pendidikan Muhammad Syafii Antonio

Setelah jadi mualaf, Muhamamd Syafii Antonio belajar bahasa Arab selama tiga tahun di Pondok Pesantren an-Nidzom Sukabumi yang dikelola oleh KH Abdullah Muchtar.

Setelah lulus SMA, Syafii melanjutkan studinya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan IKIP. Kemudian bergabung dengan IAIN Syarif Hidayatullah. Tak lama setelah itu, dia pindah ke University of Yourdan (Yordania) sarjana bidang Syariah dan Hukum.

Setelah pendidikan sarjananya selesai, Muhammad Syafii Antonio melanjutkan ke jenjang S2 di International Islamic University (IIU) Malaysia . Di sana dia mempelajari ekonomi Islam. Ia menjadi Doktor Banking dan Micro Finance di Universitas Melbourne, Australia.

Saat itu, Muhammad Syafii Antonio bertemu dengan delegasi Indonesia yang hendak mendirikan bank syariah. Ia kemudian bergabung dengan Bank Muamalat, bank pertama dengan sistem syariah  di Indonesia.

Dua tahun kemudian, Syafii Antonio mendirikan Asuransi Takaful dan kemudian Reksadana Syariah.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut