get app
inews
Aa Read Next : Nikmatnya Zarb dan Mansaf Kuliner ala Timur Tengah yang Dipendam dalam Pasir di Wadi Rum Yordania

Daftar 6 Tempat Wisata Paling Ikonik ketika Berkunjung ke Petra Yordania, No 6 Paling Instagramable

Rabu, 10 April 2024 | 06:12 WIB
header img
Ada 6 tempat wisata paling ikonik ketika berkunjung ke Petra Yordania, yang paling instagramable adalah Al Khazneh. Foto iNews.id/SM Said

PETRA, iNewsSukabumi.id-  Perjalanan wisata ke Yordania tak akan lengkap tanpa singgah di Kota Petra. Petra adalah kota kuno yang tersembunyi di antara tebing dan lembah Pegunungan Edom, di selatan Yordania. Salah satu ciri khas Petra adalah bangunan-bangunan batu kuno yang dipahat dengan indah di tebingnya. iNews.id yang ikut dalam Pam Trip bersama Astindo berkesempatan menjelajahi Petra dengan berjalan kaki dan menggunakan mobil golf.

Ada 6 destinasi yang patut dikunjungi saat berwisata ke Petra:


1. Wadi Musa Spring


Wadi Musa Spring adalah sumber air alami yang indah dan bernilai historis di dekat Petra. Jadi biasanya sebelum menjelajahi Kota Kuno Petra lebih baik singgah dulu di mata air alami Wadi Musa Spring. Dimana tempat ini dikelilingi oleh tebing batu dan vegetasi subur, tempat ini menjadi daya tarik bagi pendaki, pelancong, dan pencinta alam yang ingin bersantai atau menikmati piknik di sekitar area spring. Selain itu, tempat ini juga memiliki nilai historis yang signifikan sebagai tempat tinggal manusia sejak zaman kuno.

2. Museum Petra


Museum Petra adalah museum arkeologi di Wadi Musa, Yordania, yang didedikasikan untuk memamerkan artefak dan artefak sejarah terkait situs arkeologi Petra. Dibuka sejak 1963, museum ini menjadi tempat terbaik untuk mempelajari sejarah, budaya, dan kehidupan masyarakat kuno di wilayah tersebut. Koleksi paling menonjol termasuk replika patung kuno dan informasi tentang sejarah dan proses penggalian arkeologi di wilayah Petra.

3. Djinn Block

Ketika memasuki kota tua Petra kita akan menemukan tempat yang bernama Djinn Block. Dimana tempat ini adalah situs arkeologi yang menarik di Petra, dikenal karena relief-reliefnya dan arsitektur yang unik. Relief-relief terukir di dinding batu menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Petra pada masa lampau, serta adegan-adegan mitologis atau religius.

4. Makam Obelisk


Usai ke Djinn Block kita akan menemukan Makam Obelisk. Yang mana tempat ini adalah salah satu makam batu terkenal di Petra, dengan dinding tinggi dan lurus yang memberikan siluet menyerupai obelisk. Terukiran dengan detail halus, makam ini memiliki ukiran-ukiran yang mencakup berbagai motif geometris, flora, fauna, dan figur-figur mitologis.

5. Al Siq


Selanjutnya setelah kita terus berjalan akan menemukan Al Siq. Dimana tempat ini adalah ngarai sempit yang menjadi akses utama menuju Petra. Dengan dinding batu tinggi dan alam yang spektakuler, Al Siq tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah tetapi juga menyimpan sejarah dengan ukiran dan relief kuno di dinding batunya.

6. Al Khazneh atau The Treasury


Dari keenam tempat yang wajib dikunjungi di Petra, Al Khazneh atau The Treasury adalah yang paling ikonik dan instagramable. Al Khazneh, atau "The Treasury", adalah struktur megah di Petra yang dibangun oleh suku Nabatea pada abad ke-1 SM. Dikenal dengan arsitektur megah dan detail ukiran yang halus, Al Khazneh juga memiliki aura misterius yang melingkupinya, menambah daya tariknya sebagai salah satu ikon Petra.

Spesialis Pemasaran Jordan Tourism Board (JTB), Suhaib Albakheet, menargetkan untuk menarik lebih banyak wisatawan dari Indonesia dan menawarkan paket wisata tunggal Yordania atau Single Destination. 

"Seperti yang telah anda lakukan selama seminggu terakhir, saya ingin Anda berbicara tentang betapa amannya Jordan.Kita punya banyak produk yang bisa ditawarkan di bidang pariwisata. Karena Yordania punya banyak hal untuk ditawarkan," kata Suhaib di sela acara Work Shop di Hotel Landmark Amman Yordania, Minggu (10/3/2024).

Ketua Umum Astindo, Pauline Suharno, menjelaskan bahwa saat ini Yordania memang berdekatan dengan daerah konflik, sehingga banyak masyarakat awam yang tidak menyadari dan merasa khawatir akan keamanannya di sana.

"Namun, selama kita berada di sini, kita bisa melihat bahwa Yordania ini sangat aman, dan pesan yang ingin kami sampaikan adalah bahwa Yordania ini aman. Oleh karena itu, kami mengundang media dan juga berharap media dapat menyampaikan bahwa Yordania merupakan tempat yang aman untuk berwisata," kata Pauline kepada iNews.id.

Sementara menurut Presiden Direktur Abhinaya Umroh Hajj & Muslim Tour Pandu Apriyanto 
untuk wisata rute ke Yordania yang lebih akan menarik untuk market Indonesia adalah multi destination. "Jadi bukan hanya mengunjungi Yordania (Single Destination) tapi mungkin bisa dikombinasikan ke beberapa negara seperti Mesir masuk Yordania atau Isrel Palestina lalu ke Yordania. Jadi marketnya beda dengan rute konvensional," kata Pandu Apriyanto.

Menurutnya perjalanan rohani dari Mesir Yordania sampai Isreal baik itu untuk umat Kristiani maupun Muslim bisa dijajaki.

"Tidur di alam terbuka yang jadi salah satu destinasi di Arab Saudi untuk Muslim. Kan untuk non muslim kan belum bisa lihat ke Arab Saudi . Nah kalau yang non muslim bisa ditarik untuk mengunjungi Wadi Rum untuk tidur di alam terbuka," timpal Pandu.

"Dari hitung hitungan angka masih masuk untuk program wisata sama ke Turki tidak jauh berbeda. Namun untuk belanja iu menjadi catatan tersendiri untuk nilai belanja karena mata uangnya Yordania lumayan tinggi dan yang jadi tantangan juga dari segi makanan," tandas Pandu.  

Jadi Yordania tetap aman untuk dikunjungi oleh wisatawan meskipun terjadi konflik di Gaza. Ayo kunjungi Yordania sekarang!

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut