get app
inews
Aa Read Next : Piala AFF U-23 2023 Indonesia vs Malaysia, Pengamat: Garuda Muda Bisa Menang karena Faktor Ini

Nobar Timnas Indonesia U 23 Bisa Dilakukan Ini Penjelasan MNC Group dan Kemenpora 

Minggu, 28 April 2024 | 20:26 WIB
header img
Sekretaris Perusahaan MNC Group, Syafril Nasution, menyatakan bahwa tidak ada larangan nobar, namun yang dilarang adalah kegiatan komersil dalam acara nobar itu. Foto MNC Media

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - MNC Group telah menjelaskan mengenai kabar pelarangan nobar pertandingan Tim Nasional Indonesia U 23 di Piala Asia U-23 2024. Sekretaris Perusahaan MNC Group, Syafril Nasution, menyatakan bahwa tidak ada larangan nobar, namun yang dilarang adalah kegiatan komersil dalam acara nobar tersebut.

Dalam rangka itu, perwakilan MNC Group yang dipimpin oleh Syafril Nasution langsung bertemu dengan perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta PSSI. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Kantor Kemenpora pada Minggu (28/4/2024) sore WIB.

"Kami MNC Group ingin meluruskan sebagaimana yang banyak diberitakan, bahwa sebenarnya bukan larangan yang kami lakukan. Disini kami ingin meluruskan bahwa setiap penyelenggara (nobar) itu sebaiknya melakukan pendaftaran," jelas Syafril dalam konferensi pers di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

MNC Group selaku pemegang hak siar Piala Asia U-23, sejatinya sangat bangga dan bahagia atas kesuksesan yang diraih Timnas U23. Dan melalui televisi free to air yang dimilik yakni RCTI, serta Vison+, terus memberikan dukungan dengan menghadirkan tayangan Piala Asia U-23 agar dapat disaksikan oleh seluruh masyarat Indonesia.

Syafril menjelaskan, MNC Group selaku pemilik hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster dari Piala Asia U-23 2024 tidak melarang adanya acara nobar Timnas Indonesia U-23. Namun, dengan catatan bahwa acara tersebut tidak bersifat komersil atau dikenakan biaya.

"Kami memperbolehkan nobar sepanjang tidak komersial, komersial disini tidak memungut bayaran atau memasang sponsor atau iklan. Jika ingin melakukan nobar, tentu sangat kami dorong. Kita perlu mendukung timnas melawan Uzbekistan yang akan disirakan langsung di RCTI. Ini perlu kita dukung supaya sukaes. Sekali lagi kami dari MNC Group menyampaikan nobar diperbolehkan selama tidak bersifat komersial," jelas Syafril.

Gunawan Suswantoro, Sekretaris Kemenpora, memberikan tanggapan terkait polemik nobar yang menyebabkan kebingungan di masyarakat. Gunawan mengapresiasi sikap tegas MNC Group selaku pemegang hak siar.

"Saya mewakili mas menteri, terkait dgn tanggapan larangan nobar tayangan AFC Asian Cup. Menanggapi isu yang beredar terakit rilis MNC Group selaku pemegang hak ekslusif. Perihal larangan nobar, berdasarkan hasil diskusi Kemenpora MNC serta PSSI ada beberapa hal sebagai berikut," ungkap Gunawan.

"Sebagai bentuk manifestasi nasionalisme, dalam hal ini cabor sepak bola yang sedang berjuang di Piala Asia U-23 2024. Maka pemerintah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Timnas yang sedang herjuang, mendoakan selalu sesama anak bangsa yang telah torehkan sejarah hingga titik sekarang," timpalnya.

Gunawan juga mengungkapkan, pemerintah mengapresiasi dukungan masyarakat kepada Timnas Indonesia. Kemenpora juga akan mengadakan nobar Timnas Indonesia U-23 kontra Uzbekistan U-23 secara gratis.

"Kemenpora selaku pemerintah mendukung segala inisiasi nobar yg dilakukan baik itu Pemerintah Daerah dalam mendukung Timnas, sepanjang hal tersebut tidak dikomersialkan seperti yang telah ditetapkan MNC Group selaku official broadcaster," terangnya.

"Kemenpora, MNC, PSSI, memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Indonesia yang mendukung timnas di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Untuk mendukung perjuangan timnas, Kemenpora akan adakan nobar di halaman Kantor Kemenpora pada besok, Senin 29 April 2024. Untuk masyarakt yang ingin bergabung silahkan, acara nobar ini gratis," tandas Gunawan.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut