get app
inews
Aa Read Next : 7 Tempat Wisata Air Ekstrim Sukabumi, No 5 Destinasi yang menakjubkan dengan 3 Tingkatan Air Terjun

Efisiensi Operasional Bank Neo Commerce Turunkan Rasio BOPO 17,03 Persen Secara Tahunan

Rabu, 30 Oktober 2024 | 20:36 WIB
header img
Efesiensi operasional perbankan Bank Neo Commerce turunkan rasio. BOPO 17,03 persen secara tahunan. Foto ist

JAKARTA, iNewsSukabumi.id- PT Bank Neo Commerce Tbk, bank dengan layanan digital terlengkap di Indonesia berhasil mencatatkan laba di akhir Kuartal III 2024. Ini merupakan hasil dari berbagai upaya strategis Bank untuk semakin meningkatkan efisiensi operasional bisnis perbankan di tahun 2024 hingga akhir Kuartal III. Raihan ini membuat Bank meraih laba sebesar Rp4,06 miliar di sembilan bulan pertama di tahun 2024 ini.

Capaian ini utamanya merupakan hasil dari kemampuan Bank dalam menurunkan beban operasional, di samping Bank juga berhasil meningkatkan penyaluran kredit terhadap segmen korporasi yaitu senilai Rp2,31 triliun pada posisi September 2024, naik sebesar 88,01% dari Rp1,23 triliun pada September 2023. BNC menerapkan pengelolaan layanan operasional perbankan yang efisien antara lain melalui optimalisasi layanan transaksi perbankan digital serta penerapan digitalisasi pada proses bisnis. Hal ini tercermin dari Rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) BNC yang terus mengalami penurunan, menjadi sebesar 99,88% di Kuartal III 2024, turun dari 116,91% di Kuartal III 2023. 

Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk Eri Budiono mengatakan, Bank Neo Commerce tetap berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan yang dapat menjadi solusi bagi berbagai tantangan yang dihadapi oleh nasabah. Sepanjang tahun 2024 ini.

"Kami berhasil menjalankan operasional perbankan yang lebih pruden dan terukur yang membuat kami berhasil mencatatkan laba hingga akhir Kuartal III 2024. Momentum ini merupakan hal yang baik, karena seiring dengan semakin lengkapnya layanan dan produk perbankan yang kami miliki dan semakin aktifnya nasabah menggunakan layanan yang tersedia. Kami tetap berhasil menjalankan operasional perbankan yang semakin efisien dan lebih baik lagi,” paparnya.

Dari sisi bisnis, BNC juga mencatatkan pertumbuhan yang baik di segmen nasabah korporasi. Setelah sebelumnya berhasil dikenal sebagai bank dengan layanan digital yang sukses meraih nasabah perorangan terbanyak di Indonesia, BNC juga semakin memperluas layanan perbankannya menjangkau segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan korporasi sejak pertengahan tahun 2023 seiring dengan semakin lengkapnya layanan perbankan yang ditawarkan BNC dan melalui aplikasinya yaitu neobank.

Layanan perbankan yang BNC sediakan untuk nasabah korporasi, diantaranya melalui Corporate Internet Banking (CIB) yang telah ada sejak tahun 2023. Layanan CIB memungkinkan nasabah korporasi untuk dapat bertransaksi dengan mudah dan nyaman untuk keperluan bisnis. Di samping itu, BNC juga telah menyediakan produk BNC Payroll bagi nasabah korporasi di awal tahun 2023, yang memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk dapat melakukan transaksi pembayaran gaji pegawai dari satu rekening ke banyak rekening dalam satu kali transaksi. 

Terkait penyaluran kredit secara keseluruhan, Bank Neo Commerce semakin menerapkan prinsip kehati-hatian dalam prosesnya. Pada September 2024, BNC menyalurkan kredit sebesar Rp9,26 triliun, terkoreksi sebesar 15,54% dari posisi September 2023 Rp10,97 triliun.

“Dalam penyaluran kredit, BNC lebih mengutamakan kualitas kredit yang disalurkan,” jelas Eri.

Hingga akhir September 2024, (Non Performing Loan) NPL Nett Perseroan tercatat 0,99% dan NPL Gross sebesar 3,72%. 

“Meskipun terjadi koreksi, kami berhasil meningkatkan penyaluran kredit kepada nasabah korporasi dan juga penyaluran kredit secara langsung kepada nasabah melalui produk pinjaman milik BNC yang tersedia di aplikasi neobank, yaitu Neo Pinjam. Peningkatannya sebesar 152,32% dari Januari hingga September 2024, dari kisaran Rp86 miliar di Januari menjadi kisaran Rp217 miliar di September 2024,” ungkap Eri.

Dia meyakini bahwa prospek penyaluran kredit melalui Neo Pinjam akan terus meningkat ke depannya.

“Tren pinjaman melalui Neo Pinjam menunjukkan tren peningkatan. Selain itu, BNC juga memiliki database yang cukup lengkap yang memungkinkan kami untuk dapat meningkatkan jumlah peminjam dan jumlah pinjamannya, dengan terus memantau kualitasnya,” paparnya kemudian.

Apabila dilihat dari rasio kecukupan modal, BNC juga mencatatkan pertumbuhan Capital Adequacy Ratio (CAR) yang cukup signifikan, meningkat 7,83% year to date menjadi 34,18% pada posisi September 2024 dari sebelumnya 26,35% di posisi September 2023. Meningkatnya CAR menunjukkan semakin baiknya kemampuan Bank untuk menanggung risiko dari kredit yang diberikan dan menunjang kemampuan Bank untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan kredit. 

Terkait dengan catatan kinerja lainnya, sampai dengan posisi September 2024, BNC mencatatkan perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp14,14 triliun, terjadi koreksi sebesar 7,59%, dari Rp15,30 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.  Bank Neo Commerce merupakan salah satu pelopor perbankan berbasis digital di Indonesia yang kini telah memasuki tahun keempat sejak bertransformasi pada tahun 2020 lalu.

Kini, BNC telah melayani lebih dari 27 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi bank dengan layanan digital yang memiliki layanan dan fitur perbankan paling lengkap yang tersedia di aplikasi mobile banking yang bernama neobank.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut