get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Neyia Kameron, Wanita yang Diduga Pacar Baru Jefri Nichol

Lo Kheng Hong, Investor Saham Terkaya yang Hidup Sederhana

Selasa, 14 Juni 2022 | 08:00 WIB
header img
Lo Kheng Hong. Foto: MNC Media

Kekayaan Lo Kheng Hong

Keberhasilannya sebagai investor saham individu, Lo Kheng Hong tidak memiliki atasan, bawahan atau karyawan, dan kantor seperti para pengusaha lainnya. Beberapa sumber menyebutkan bahwa total kekayaan Lo Kheng Hong dari investasi sahamnya mencapai Rp2 triliun. Angka yang sangat fantastis hingga membuatnya menjadi salah satu investor saham yang inspiratif di kalangan investor saham lainya. 

Meski demikian, kekayaannya ini tentu saja tak diperolehnya dalam waktu semalam. Ia telah memulai investasi saham sejak lama sejak usianya 30 tahun. Ia terjun ke dunia saham secara perlahan dengan menyisihkan gajinya untuk investasi. Sedikit demi sedikit, Kheng Hong mengumpulkan modal untuk membeli saham di perusahaan atau emiten terbuka di Pasar Modal.

Sayangnya, investasi pertamanya harus menemui kegagalan dan membuatnya merugi. Saham PT Gajah Surya Multi Finance Tbk yang menjadi emiten pertamanya dalam investasi saham ini terus mengalami penurunan. Harga saham emiten ini anjlok hingga akhirnya Kheng Hong menjual sahamnya dengan harga di bawah harga belinya. 

Gagal sekali tak lantas membuat Lo Kheng Hong patah semangat dan berhenti dalam berinvestasi. Ia pun terus mempelajari dan membaca arah Pasar Modal dan mencari emiten-emiten mana yang sekiranya memiliki prospek yang cerah. 

Kheng Hong memutuskan untuk fokus berinvestasi saham dan berhenti dari perusahaan. Ia memutuskan berhenti dari OEB setelah bekerja selama 10 tahun dan tak kunjung mengalami kenaikan gaji. Setelah berhenti, Kheng Hong pun bekerja di Bank Ekonomi. Tak butuh waktu lama, ia pun diangkat menjadi kepala cabang setelah satu tahun bekerja. 

Namun, ia pun berhenti dari Bank Ekonomi setelah enam tahun bekerja. Ia memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan dan fokus dalam berinvestasi saham. 

Beberapa saham yang berhasil membuat seorang Lo Kheng Hong menjadi miliarder seperti MBAI, PNLF, dan RIGS. Tiga saham ini hanya beberapa dari banyak saham potensial yang dikoleksi  Lo Kheng Hong dan memberinya banyak keuntungan hingga menjadi miliarder seperti saat ini. 

Itulah ulasan mengenai profil dan kekayaan Lo Kheng Hong yang dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia. Meski menggenggam kekayaan hingga triliunan rupiah, namun Lo Kheng Hong tetap menerapkan gaya hidup sederhana.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut