get app
inews
Aa Read Next : Jualan Makanan Online, Ini 5 Ide Resep Rahasianya Dijamin Enak Cepat Laku 

Kisah Tragis Ayam, Dulu Dipuja Sekarang Jadi Makanan Enak

Selasa, 14 Juni 2022 | 10:28 WIB
header img
Pada awalnya manusia melihat ayam sebagai burung-burung yang eksotis, bahkan memujanya. Foto/Pixabay.

SUKABUMI, iNews.id — Pada awalnya hubungan pertama ayam dengan manusia bukan sebagai sepiring sayap atau paha goreng yang menggoda selera di atas piring. Para peneliti menemukan pada masa lalu manusia melihat ayam sebagai burung-burung yang eksotis, bahkan sampai memujanya. 

Ayam piaraan pertama ukurannya sekitar sepertiga ayam modern dan memiliki warna menarik serta suaranya yang khas. Keunikan ini membuat orang memandang ayam sebagai hal baru yang misterius dan menarik, bukan sebagai sumber makanan yang enak

“Ayam, pada awalnya, adalah hal yang menakjubkan. Ribuan tahun yang lalu, semua orang menginginkan seekor ayam,” kata Greger Larson, Direktur Jaringan Penelitian Paleogenomik dan Bio-arkeologi di Universitas Oxford di Inggris dikutip dari laman LiveScience, Selasa (14/6/2022). 

Manusia mengenal nenek moyang ayam liar sebagai unggas hutan merah (Gallus gallus) dari Asia Tenggara. Di mana burung-burung itu membuat ceruk makan berupa buah dan biji-bijian, terutama di hutan bambu yang lebat. Diperkirakan pada masa sekitar 800 SM dan 700 SM, ayam mencapai Afrika sebagai bagian dari perdagangan maritim yang berkembang. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut