Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Ini Profilnya

Eka L Prasetya
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi.

SUKABUMI, iNews.id —Achmad Fahmi menjabat wali kota Sukabumi periode 2018-2023, sebelumnya dia menjadi wakil wali kota Sukabumi periode 2013-2018 dan pernah menjabat wakil ketua DPRD Kota Sukabumi. Kami rangkum dari berbagai sumber termasuk laman Pemerintah Kota Sukabumi, berikut ini profil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berlatar belakang guru SMK, sebagai guru agama dan pernah menjadi kepala sekolah. Achmad Fahmi lahir pada 4 Mei 1975, anak dari M. Yusuf Murtaba. Keluarganya tinggal di Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Masa mudanya di Jakarta, pendidikan dasarnya di SDN 03 Kebon Baru Jakarta, sekolah tingkat menengah di SMPN 115 Tebet Timur, Jakarta Selatan, dan menginjak bangku SMA bersekolah di SMA Islamic Center Muhammadiyah Cipanas. 

Lulus SMA, Achmad Fahmi melanjutkan ke bangku perguruan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Setelah lulus kuliah, dia sempat bekerja di perusahaan swasta di Jakarta sampai kemudian pindah ke Kota Sukabumi dan menekuni profesi guru. 

Dalam perjalanannya, dia bergabung menjadi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan mencalonkan diri hingga terpilih sebagai anggota DPRD Kota Sukabumi periode 2004-2009 dari PKS. Dia terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kota Sukabumi 2009-2013 dan mendapat amanah dari PKS menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Pada Pemilihan Wali Kota Sukabumi 2013 dia digandeng Mohammad Muraz dan berhasil memenangi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi terpilih 2013-2018. Lima tahun berselang, Achmad Fahmi maju sebagai Calon Wali Kota Sukabumi berpasangan dengan Andri Setiawan Hamami sebagai Calon Wakil Wali Kota Sukabumi. Mereka menjadi pemenang sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Sukabumi periode 2018-2023. Mereka dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Bandung pada 20 September 2018.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berupaya mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, sehat, cerdas dan kreatif serta memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi. Dia juga berupaya mewujudkan tata ruang dan infrastruktur yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.

Selain itu, Achmad Fahmi berupaya mewujudkan ekonomi daerah yang maju dan berpijak pada sektor perdagangan, ekonomi kreatif dan pariwisata dengan menjalin kemitraan di kalangan dunia usaha, dunia pendidikan. Dia juga ingin mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, baik dan inovatif.

Selama menjadi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi berprestasi dan cukup banyak mendapatkan penghargaan, di antaranya, Best of The Best Figure Wali Kota Terbaik Indonesia 2019 versi Seven Media Asia-Asian Global Council, Wali Kota Entrepreneur Award 2019 dalam Regional Leader Entrepeneur Award 2019. Kemudian, Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2021. 

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network