5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Amy Heppy S
Manfaat Daun Binahong (Foto: Istimewa).

 

SUKABUMI, iNews.id —Banyaknya manfaat yang dimiliki daun binahong ini membuatnya sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat herbal. Tanaman ini memiliki nama latin Anredera cordifolia. Daun binahong ini memiliki banyak kandungan penting seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin, dan beta karoten. 

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah deretan manfaat daun binahong untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Manfaat Daun Binahong;

1. Mengobati Asam Urat 
Manfaat daun binahong yang pertama adalah mampu mengobati asam urat. Hal ini karena daun binahong mengandung flavonoid yang mampu menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat. 

2. Membantu Menyembuhkan Diare 
Daun binahong juga bisa menjadi bahan alami untuk mengobati diare yang disebabkan bakteri. Daun binahong mengandung zat flavonoid, minyak atsiri, saponin, terpenoid dan alkaloid yang berguna sebagai antibakteri. Minum air rebusan daun binahong dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit diare. 

3. Mencegah Diabetes 
Meminum air rebusan daun binahong dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Kandungan senyawa kumarin, steroid, dan flavonoid pada daun binahong ini mampu menghambat penyerapan dan pemecahan gula pada usus. Selain itu, zat tersebut juga mampu mendorong fungsi dan produksi hormon insulin. 

Editor : Eka L. Prasetya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network