Temukan Peserta PPDB Online Fiktif Wali Kota Bima Arya: Sistem Zonasi Tak Siap dan Harus Dibatalkan

Putra Ramadhani Astyawan
Wali Kota Bogor Bima Arya menemukan adanya data alamat peserta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang fiktif saat sidak alamat peserta PPDB. Foto iNews/Putra RA

BOGOR, iNewsSukabumi - Wali Kota Bogor Bima Arya menemukan adanya data alamat peserta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang fiktif saat sidak alamat peserta PPDB online di sejumlah tempat di Kota Bogor, Kamis (6/7/2023). 

Berdasarkan temuannya, terdapat beberapa data alamat peserta PPDB tidak sesuai zonasi. Pihaknya akan melakukan audit pada Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Menurut saya sistem zonasi ini terbukti tidak siap ya, saya kira ini harus dibatalkan sistem zonasi ini," kata Bima kepada wartawan usai melakukan sidak alamat peserta PPDB online, Kamis (6/7/2023).

Bima Arya menegaskan, meskipun tetap dilanjutkan maka sistemnya harus diperbaiki. Seperti sistem kependudukan dan sistem verifikasi para peserta PPDB online.

"Kemudian infrastruktur sekolah. tetapi saya selama infrastruktur sekolah belum merata gak mungkin zonasi ini," timpalnya.

Berdasarkan temuannya, terdapat beberapa data alamat peserta PPDB tidak sesuai zonasi. Pihaknya akan melakukan audit pada Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Jadi ada yang asli sesuai, tapi kebanyakan gak sesuai.Ada hampir 300 berbagai macam indikasi manipulasi," tandasnya.

Sebelumnya, Bima melakukan sidak alamat peserta PPDB online tingkat SMP di Gang Selot, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Hasilnya, beberapa nama terdaftar tidak sesuai di lapangan alias fiktif.

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network