Aula Kecamatam Ciracap Sukabumi Ambruk, Ini Penyebabnya

kevin
Penampakan bangunan aula kantor Kecamatan Ciracap yang ambruk akibat usia bangunan tua dan sudah lapuk

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Bangunan aula rapat Kantor Kecamatan Ciracap yang terletak di kampung Loji, Desa Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diduga ambruk akibat usia bangunan yang telah lapuk dan belum mendapat perbaikan.

 

Bangunan ini memiliki panjang 11 meter dengan lebar 8 meter dan ambruk pada Kamis (21/12) sore, sekitar pukul 14.35 WIB.

 

Sekretaris Kecamatan Ciracap, H. Samsidin, menjelaskan, bahwa kejadian ini terjadi saat kondisi bangunan kosong dan area parkir yang biasanya digunakan oleh pegawai dan staf juga kosong.

 

"Saat itu memang masih jam kerja, jadi kami ada di dalam ruangan, biasanya di depan aula tersebut terparkir mobil-mobil pegawai," ujarnya pada Jumat (22/12/2023).

 

"Kebetulan saat kejadian kemarin tidak ada satupun kendaraan yang terparkir saat atap bangunan ambruk dan kami mendengar suara gemuruh sehingga keluar dan menemukan bangunan ambruk," imbuhnya.

 

Menurut H. Samsidin, ambruknya semua atap bangunan aula rapat merupakan akibat dari bangunan yang sudah lama tidak diperbaiki dan usianya yang sudah tua, sehingga tidak lagi mampu menahan beban atap yang akhirnya ambruk.

 

H. Samsidin juga menyebutkan bahwa tidak ada korban baik jiwa maupun luka, karena saat kejadian bangunan dalam keadaan kosong dan bangunan aula rapat tersebut memang sudah lama tidak digunakan karena sebelumnya memang sudah dikhawatirkan akan terjadi ambruk.

 

"Rekan-rekan sudah mulai mengusulkan untuk rehab pada tahun 2022, dan kemudian diusulkan lagi pada tahun 2023. Namun, hingga saat ini belum ada realisasi, dan informasinya baru akan direalisasikan di tahun 2024," jelasnya.

 

H. Samsidin berharap agar bangunan aula rapat Kantor Kecamatan segera mendapatkan perbaikan dan dapat digunakan kembali untuk rapat koordinasi. Saat ini, jika ingin rapat, pegawai harus menggunakan ruang tengah atau meminjam aula di desa sekitar karena bangunan aula rapat yang digunakan selama ini telah ambruk. *

Editor : Ridwan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network