Tingkatkan Konektivitas Pedesaan, 357 Blank Spot Internet di Ciracap Sukabumi Berkurang 

Dharmawan Hadi
Dalam kurun waktu 4 tahun, jumlah wilayah blank spot di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, berkurang drastis. FotoL Dharmawan Hadi

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Dalam kurun waktu 4 tahun, jumlah wilayah blank spot di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, berkurang drastis.  Pada tahun 2020 tercatat hanya ada 13 titik wilayah yang dapat menerima internet, saat ini di tahun 2024 tercatat sudah mencapai 357 titik.

Hal tersebut terealisasi berkat Digital Access Programme (DAP) kemitraan Pemerintah Inggris dengan mitra lokal Indonesia, Common Room Networks Foundation (Common Room) dalam menyelenggarakan program Rural ICT Camp.

Minister-Counsellor British Embassy Jakarta, Amanda McLoughlin mengatakan, pihaknya merasa senang bisa menjadi bagian dari Rural ICT Camp yang tahun 2024 ini, merupakan kelima kalinya dilaksanakan Pemerintah Inggris dan Comon room dalam program akses digital.

"Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk mendukung, berbagi ide kreatif dan inisiatif untuk mengembangkan infrasturktur internet berbasis masyarakat di daerah pedesaan terutama daerah terpencil," ujar Amanda kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (8/10/2024).

Menurut Amanda, dengan tema konektivitas pedesaan dan ketahanan iklim, program Rural ICT Camp 2024 ini mencerminkan tujuan untuk meningkatkan konektivitas pedesaan membangun ketahanan masyarakat untuk dapat beradaftasi dengan perubahan iklim.

"Besok kami akan meluncurkan menara internet bambu pertama di Ciracap, ini sebuah langkah inovatif menuju peningkatan konektivitas digital daerah pedesaan sambil mendukung pembangunan yang berkelanjutan," ujar Amanda.

Lebih lanjut Amanda mengatakan, hubungan diplomatik Pemerintah Inggris dan Indonesia yang sudah terjalin selama 75 tahun, akan terus berkomitmen untuk memastikan akses digital yang aman terjamin dan berkelanjutan bagi masyarakat terpinggirkan.

"Kami bersemangat untuk memperdalam kemitraan dan bekerjasama menuju masa depan lebih terhubung secara digital yang menguntungkan rakyat, melindungi planet serta meningkatkan kesejahteraan," ujar Amanda.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network