Para Peternak Jabar Harus Ikut Cegah PMK

Adi Haryanto
Hewan ternak sapi. Foto: Ist.

Menurutnya, sebentar lagi perayaan Idul Adha jadi semua pihak harus benar-benar menjaga kesehatan hewan. Jangan sampai hewan sakit dikirim ke Jabar atau lolos dari pemeriksaan yang dapat merugikan semua pihak.  

"Hewan ternak harus betul-betul sehat, ini tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah. Apalagi sebentar lagi mau Idul Adha," kata Uu Ruzhanul Ulum. 

Wagub Jabar menuturkan, di Jawa Barat, sudah ada tiga daerah yang melaporkan kasus PMK hewan ternak. Tiga daerah itu yakni Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Banjar. Untuk memutus penyebarannya, Pemprov Jabar bakal membuat Satgas khusus PMK kerja sama dengan para kepala daerah.  

Nanti, tutur Uu, Satgas Penanganan PMK ini akan dilengkapi posko pengaduan, vaksinator, petugas pelacak, dan aparat keamanan untuk mengawasi lalu lintas ternak dari luar Jabar. Tujuannya agar hewan sakit dari luar daerah tidak lolos ke Jawa Barat. 

"Ya supaya wabah ini bisa segera ditanggulangi, kalau soal penetapan kejadian luar biasa (KLB), nanti akan disampaikan gubernur karena laporan ini sudah saya sampaikan ke beliau," kata Wagub Jabar.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network