Panggung Seni Kampung Adat Kasepuhan Cipta Mulya Roboh Disapu Angin Kencang

Dharmawan Hadi
Sebuah bangunan di kampung adat Kasepuhan Cipta Mulya di Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi ambruk pada Sabtu (11/6/2022) malam. MPI/Dharmawan Hadi.

 

SUKABUMI, iNews.id — Bangunan berbentuk panggung seni budaya di Kampung Adat Kasepuhan Cipta Mulya di Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi roboh disapu angin kencang yang disertai hujan pada Sabtu (11/6/2022) malam. 

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cisolok Andri Firmansyah mengatakan, ambruknya bangunan tersebut karena intensitas tinggi hujan yang disertai angin kencang. "Satu bangunan yang ambruk tersebut merupakan panggung pentas seni di Kasepuhan Cipta Mulya yang sering digunakan pada acara-acara besar di kampung adat," ujar Andri Firmansyah kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (12/6/2022). 

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Kerugian material masih dihitung petugas BPBD Kabupaten Sukabumi. 

"Saat ini sebagian material bangunan telah dibersihkan secara bergotong royong oleh warga kampung adat Kasepuhan Cipta Mulya beserta aparatur Desa Sirna Resmi," tambah Andri Firmansyah. 

Kampung adat Kasepuhan Cipta Mulya adalah bagian dari kesatuan adat Kasepuhan Banten Kidul yang memegang teguh adat istiadat dari leluhurnya. Salah satu yang terkenal adalah sistem pertanian yang hanya boleh menanam padi, satu tahun sekali panen. 

Berbagai ritual yang dilaksanakan dalam menanam padi seperti ngaseuk pare atau dimulainya menanam padi lalu serentaun atau pesta panen. Kemudian ada juga nganyaran atau membagikan nasi baru dipanen ke tetangga atau orang sekampung hingga ampih pare ka leuit si jimat atau menyimpan hasil panen ke lumbung padi. 
 

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network