get app
inews
Aa Read Next : Mayjen TNI Mohamad Hasan, Jenderal Kopassus yang Sukses Gelar Operasi Intel Kawal Jokowi di Papua

Misteri Hari Rabu, Saatnya Jokowi Reshuffle Kabinet

Rabu, 15 Juni 2022 | 05:00 WIB
header img
Isu Reshuffle Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin kian kencang seiring dipanggilnya sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan. Foto/Dok.SINDOnews

JAKARTA, iNews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering membuat kebijakan-kebijakan penting seperti reshuffle atau kocok ulang kabinet pada hari Rabu Pon atau Rabu Pahing. Jokowi pun dikabarkan akan melakukan reshuffle menteri-menterinya pada hari ini, Rabu 15 Juni 2022.

Namun, secara kebetulan dalam penanggalan Jawa, hari tersebut bertepatan dengan Rabu Pahing. Jokowi sendiri lahir pada Rabu Pon, 21 Juni 1961.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung angkat bicara terkait adanya isu perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju pada 15 Juni.

Menurut Pramono, Presiden Jokowi sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle kepada menterinya.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan aja ya terserah presiden. mau hari ini, mau besok, mau lusa," kata Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

"Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden," sambung politikus senior PDIP tersebut.

Dalam catatan kami, Jokowi melakukan perombakan kabinet besar-besaran pada Rabu, 27 Juli 2016. Setelah itu, Jokowi kembali merombak susunan kabinet pada Rabu, 17 Januari 2018. Saat itu ia juga mengganti posisi Menteri Sosial, Kepala Staf Presiden, menambah anggota Wantimpres dan pelantikan KSAU.

Selain itu, Jokowi juga pernah melakukan reshuffle Kementerian, yang dilaksanakan pada Rabu (23/12/2020). Pengumumannya sendiri diumumkan sehari sebelumnya. Terdapat sejumlah menteri baru yang Jokowi lantik menggantikan posisi menteri sebelumnya.

Mereka adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Quomas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Uniknya, peristiwa ini terjadi pada hari Rabu Pon.

Setelah itu, mantan Gubernur DKI ini juga melakukan reshuffle kabinet Kementerian Kabinet Indonesia Maju, (28/4/2021), tanggal tersebut bertepatan di hari Rabu.

Saat itu, Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Makarim diangkat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek).


 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut