get app
inews
Aa Read Next : Tangis Jenderal Soedirman Pecah saat Bung Karno Bersedia Tandatangani Perjanjian Roem Royen

KSAL: Jasa Bung Karno TNI AL Punya Sistem Senjata Armada Terpadu 

Senin, 20 Juni 2022 | 17:46 WIB
header img
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri meresmikan kapal korvet milik TNI AL dengan nama KRI Bung Karno, Senin (20/6/2022). (Foto: Istimewa)

 

JAKARTA, iNews.id — Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, sosok Bung Karno telah menginspirasi karena merupakan tokoh pembawa konsep persenjataan angkatan laut (AL) yang digunakan saat ini.  

"Yaitu sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang terdiri atas kapal perang, pesawat udara, marinir, dan pangkalan. Semua ini tidak dimiliki oleh AL lain. SSAT yang memilik hanya angkatan laut Indonesia atas jasa Bung Karno," kata Laksamana TNI Yudo dalam acara peresmian kapal korvet milik TNI Angkatan Laut (AL) yang diberi nama KRI Bung Karno di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (20/6/2022). 
 
"Setelah kita baca dan lihat foto di depan, ternyata selama ini didengungkan SSAT yang dimiliki AL mulai kapal perang, pesawat udara, marinir, dan pangkalan adalah berkat Beliau," tambah Yudo.  

Menurutnya, banyak yang harus harus tahu kehadiran SSAT berkat perjuangan Bung Karno. "Selama ini kita belum memiliki KRI yang bernama Bung Karno. Atas restu, atas izin Beliau untuk nama Bung Karno," tuturnya. 

Acara peresmian dihadiri langsung Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri yang juga merupakan putri Presiden RI Ke-1 Soekarno.  

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut