get app
inews
Aa Read Next : Terungkap! Tabung Gas CNG yang Meledak di Sukabumi Berasal dari Perusahaan RGS

Tahan Kenaikan Harga BBM, Listrik dan Gas Pemerintah Siapkan Rp350 Triliun 

Kamis, 28 Juli 2022 | 12:12 WIB
header img
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id —Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah belanja negara karena menahan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), listrik, dan gas. Adapun anggaran yang disiapkan untuk menahan kenaikan harga tersebut sebesar Rp350 triliun.  

"Ongkosnya sangat besar bagi APBN kita, yaitu sebesar Rp275 triliun untuk kompensasi dan untuk subsidi kita tambahkan Rp77 triliun. Jadi secara total hampir Rp350 triliun sendiri kenaikannya untuk menahan kenaikan harga BBM, gas, dan listrik," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita Edisi Juli 2022 di Jakarta, Rabu(27/7/2022). 

Menkeu mencatat realisasi belanja Kementerian dan Lembaga (K/L) pada semester I 2022 mencapai Rp483,7 triliun. Nominal belanja yang besar ini ditujukan untuk kompensasi dan subsidi tarif listrik, BBM, gas, hingga Program Kartu Prakerja. 

"Dana untuk kompensasi yang awalnya hanya Rp18,5 triliun, kemudian ditambah menjadi Rp275 triliun dengan persetujuan DPR yang akhirnya dituangkan melalui Perpres 98/2022," ujarnya. 

Menkeu menyebutkan, tambahan bantalan ini ditujukan demi melindungi masyarakat dari kenaikan harga BBM, listrik, dan gas di tengah kondisi krisis energi dan naiknya harga komoditas dunia.  "Apabila kenaikan harga ini justru dilepaskan ke masyarakat, dikhawatirkan akan mengguncang inflasi seperti yang sudah terjadi di berbagai belahan dunia," katanya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut