get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Jawa Barat Takziah ke Rumah Duka Almarhum Solihin GP

5 Masjid Megah Karya Desain Ridwan Kamil, Tersebar di Indonesia hingga Luar Negeri

Kamis, 08 September 2022 | 08:00 WIB
header img
Masjid Megah Rancangan Ridwan Kamil, Masjid Al Irsyad. Foto: iNews.id/Adi Haryanto.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Sejumlah masjid megah karya desain Ridwan Kamil unik dan artistik. Selain dikenal sebagai seorang politikus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga merupakan seorang arsitek kenamaan di Indonesia. Karya-karya Ridwan Kamil pun sudah banyak tersebar di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.  Salah satu karya arsitektur Ridwan Kamil yang menawan perhatian adalah desain bangunan masjid. 

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa masjid megah rancangan Ridwan Kamil yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri. 

1. Masjid Al-Irsyad Bandung 

Masjid megah rancangan Ridwan Kamil yang pertama akan kita bahas adalah Masjid  Al- Irsyad Bandung. Masjid Al-Irsyad berlokasi di Perumahan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.  

Masjid Al-Irsyad ini memiliki bangunan unik berbentuk kubus besar tanpa kubah. Kemudian terdapat kalimat syahadat raksasa yang dibentuk dari bata penyusun dinding masjid. Bangunan yang terinspirasi dari Ka’bah ini telah mendapatkan penghargaan “Building of The Year 2010” dan FuturArc Green Leadership Award 2011. 

2. Masjid Raya Asmaul Husna Tangerang 

Satu lagi masjid rancangan Ridwan Kamil dengan desain yang unik, yakni Masjid Raya Asmaul Husna. Masjid yang dibangun pada tahun 2010 ini terletak di Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang, Banten. Masjid ini terlihat mencolok dengan warnanya yang hijau. Hal lain yang sukses mencuri perhatian dari masjid ini adalah dinding masjidnya yang dihiasi ornamen berupa kaligrafi 99 nama Allah atau Asmaul Husna. 

Tak hanya itu, kubah Masjid Asmaul Husna pun berbeda dengan masjid pada umumnya, dimana kubahnya berbentuk lengkungan tipis. Sedangkan bagian menaranya dibuat menyerupai bambu runcing dengan tambahan simbol bulan bintang di atasnya. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut