get app
inews
Aa Read Next : Tokoh Jawa Barat Takziah ke Rumah Duka Almarhum Solihin GP

5 Masjid Megah Karya Desain Ridwan Kamil, Tersebar di Indonesia hingga Luar Negeri

Kamis, 08 September 2022 | 08:00 WIB
header img
Masjid Megah Rancangan Ridwan Kamil, Masjid Al Irsyad. Foto: iNews.id/Adi Haryanto.

3. Masjid Jami’e Darussalam Tanah Abang 

Masjid Jami’e Darussalam atau yang juga dikenal sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang ini berada di Jalan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Desain unik masjid ini sukses mencuri perhatian masyarakat. Berbeda dengan masjid biasanya, Masjid Segitiga Tanah Abang ini memiliki bentuk segitiga. Bentuk segitiga yang dimiliki masjid rancangan Kang Emil ini rupanya memiliki filosofi tersendiri. Bentuk segitiga menggambarkan keadaan dan cuaca Indonesia yang khas akan iklim tropisnya. Ruangan utama masjid ini ada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding yang dihias dengan kaligrafi. 

4. Masjid 99 Kubah Makassar 

Masjid 99 Kubah ini dibangun di tepi Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Nama masjid ini terinspirasi dari 99 nama-nama Allah SWt atau Asmaul Husna. Sesuai namanya, masjid ini memiliki 99 kubah dari berbagai ukuran yang menghiasi bagian atas masjid. Hal ini menjadikan Masjid 99 Kubah sebagai masjid dengan kubah terbanyak. Selain kubahnya, salah satu masjid kebanggan masyarakat Makassar ini juga memiliki warna yang cerah dan mencolok, seperti merah, oranye, dan kuning. DIbangun di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) seluas 72 X 45 meter, Masjid 99 Kubah ini mampu menampung 13 ribu jamaah. 

5. Masjid Syaikh ‘Ajlin Palestina 

Masjid Syaikh ‘Ajlin di Gaza, Palestina ini dirancang khusus oleh Ridwan Kamil. Bangunan masjid ini terbagi atas dua buah bangunan dan satu menara.  Secara filosofis, menara tersebut menunjukkan hubungan manusia dengan Allah SWT dan kedua bangunan lainnya menunjukkan hubungan manusia dan alam. Masjid tiga lantai ini dibangun tak hanya untuk tempat shalat, tapi juga tempat belajar atau madrasah. Demikian beberapa masjid megah rancangan Ridwan Kamil yang berdesain artistik. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut