get app
inews
Aa Read Next : Terancam Hukuman Mati! Warga Sukabumi DPO Narkoba Jaringan Freddy Budiman Ditangkap 

Angin Puting Beliung Masuk Kampung Gegerbitung, Puluhan Rumah Rusak 

Kamis, 08 September 2022 | 11:00 WIB
header img
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memperbaiki atap rumah warga yang terkena angin puting beliung. Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Angin puting beliung memasuki dua kampung Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/9/2022). Sebanyak 90 rumah dan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan cukup parah akibat disapu angin puting beliung tersebut. 

Bencana alam ini tepatnya terjadi di Kampung Babakan Tanjung Sari RT 01, 02, RW 01 dan Kampung Tegal Sereh RT 08, 09, RW 03, Gegerbitung.

Selain rumah, angin puting beliung juga merusak satu Gedung Olah Raga (GOR), penggilingan padi, tempat kontes burung dan satu sekolah madrasah diniyah.  

"Untuk kerusakan bervariasi, dari 90 rumah tersebut ada yang rusak ringan, sedang hingga berat. Kerusakan rata-rata terjadi pada atap bangunan yang disapu oleh angin puting beliung. Namun ada juga bangunan yang ambruk," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Gegerbitung Ofieq kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (8/9/2022).  

Lebih lanjut Ofieq mengatakan, tercatat dua kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat aman lantaran rumahnya rusak berat. Jumlah kerusakan tersebut diperkirakan masih bertambah. Rencananya petugas akan kembali mendata kerusakan hari ini.  

Sebelumnya, bencana angin puting beliung ini sempat viral di media sosial Facebook. Banyak warga yang mengunggah kejadian tersebut di media sosial.  

Ofieq mengatakan, berdasarkan asessment sementara, bencana puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB ini, dan telah merusak dua kedusunan di Desa Caringin. "Iya, data sementara baru ada dua kedusunan yang terdampak dari angin puting beliung itu. Yakni, Kedusunan Lio, tepatnya di Kampung Babakan Tanjungsari dan Kedusunan Tegalsereh," ujar Ofieq. 
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut