get app
inews
Aa Read Next : Mayat Wanita Mengambang di Kali Cikeas Ternyata Warga Kota Bekasi 

Indonesia Rebut Wilayah Udara Kepri dari Singapura: Diakui Internasional

Kamis, 08 September 2022 | 20:00 WIB
header img
Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden. Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden. 

 

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan berkat kerja keras bersama pengelolaan ruang udara di Kepulauan Riau dan Natuna telah sepenuhnya dikelola oleh Indonesia. Sebelumnya, ruang udara di sana dikelola oleh Singapura. Pengelolaan ruang udara tersebut telah disepakati pada Perjanjian kesepakatan Re-alignment Flight Information Region (FIR) atau Penyesuaian Area Layanan Navigasi Penerbangan antara Indonesia dengan Singapura. 

"Bapak Ibu dan saudara-saudara sekalian sudah lama ruang udara kita yang berada di atas Kepulauan Riau dan Natuna dikelola oleh Singapura. Dan berkat kerja keras semua pihak kita telah berhasil mengembalikan pengelolaan ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kepada NKRI," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/9/2022). 

"Ini menambah luasan flight information region Fair Jakarta sebesar 249.575 km2," tambahnya. 

Jokowi mengatakan bahwa kesepakatan FIR merupakan langkah maju bagi penerbangan sekaligus ruang udara Indonesia di kancah dunia. "Merupakan langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia yang sekaligus meningkatkan jaminan keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Jokowi. 

Kesepakatan itu menurut Jokowi juga bisa menjadi momentum untuk memodernisasi peralatan navigasi penerbangan Indonesia. "Bisa meningkatkan pendapatan negara bukan pajak dan hal ini bisa menjadi momentum untuk modernisasi peralatan navigasi penerbangan dan pengembangan SDM Indonesia," kata Presiden Jokowi.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut