Logo Network
Network

Healing-healing di Curug Sodong, Destinasi Wisata Indah Sukabumi

Eka L Prasetya
.
Kamis, 08 September 2022 | 15:28 WIB
Healing-healing di Curug Sodong, Destinasi Wisata Indah Sukabumi
Curug Sodong yang menawan wisatawan, berlokasi di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Foto: Dinas Pariwisata Sukabumi.

 

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Sukabumi memiliki banyak destinasi wisata air terjun atau curug. Mayoritas lokasi curug berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Salah satu taman nasional yang tertua di Indonesia berudara sejuk dengan vegetasi hijau yang lebat.

Curug Sodong, sesuai namanya memiliki keunikan tersendiri. Dibalik air terjunnya terdapat cekungan terlihat seperti goa. Dalam bahasa Sunda, Sodong berarti cekungan goa. Curug Sodong sering juga disebut sebagai air terjun kembar, karena terdapat dua aliran air terjun yang saling berdampingan. Nama lain Curug Sodong adalah Air Terjun Pengantin.

Curug Sodong berada di dalam kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) di daerah Jampang Kulon, tepatnya di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Belum lama ini, Curug Sodong diresmikan Bupati Sukabumi H Marwan Hamami setelah mengalami revitalisasi. Kini, fasilitasnya sudah lengkap untuk melayani dan menawan para wisatawan. Mulai dari bale atau gazebo, mushola, menara pandang, hingga amphitheater.

Tak hanya itu, parkirannya luas. Terdapat warung-warung kuliner dan cenderamata yang tertata apik yang menjual produk-produk kerajinan tangan dan makanan. Bagi wisatawan yang ingin lebih lama menikmati suasana di Curug Sodong, bisa menginap di homestay sekitar area tersebut.

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini